Mohon tunggu...
Taufik Uieks
Taufik Uieks Mohon Tunggu... Dosen - Dosen , penulis buku travelling dan suka jalan-jalan kemana saja,

Hidup adalah sebuah perjalanan..Nikmati saja..

Selanjutnya

Tutup

Trip Artikel Utama

Naik Kereta Cowboy Melewati Terowongan Terpanjang di Indonesia dalam Kegelapan

29 September 2022   09:41 Diperbarui: 30 September 2022   03:31 683 19 9
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi kereta uap yang ada di Museum Kerata Api Ambarawa. Sumber: PT Kereta Api Pariwisata via Kompas.com

Sebagai sosok yang hobi berpetualang ke berbagai pelosok negeri di dunia ini, banyak sudah moda transportasi yang telah digunakan. Untuk jarak jauh antar benua, tentu saja transportasi udara menjadi primadona karena kecepatan dan efisiensinya. 

Walaupun begitu, tidak ada moda transportasi yang penuh dengan kenangan dan nostalgia yang sangat unik seperti kereta api.   Jaringan rel kereta api di Indonesia sendiri masih sangat terbatas dibandingkan dengan tanah air kita yang sangat luas terbentang dari Barat ke Timur.

Hingga 77 tahun sejak merdeka, jaringan kereta api di Indonesia masih terkonsentrasi di pulau Jawa dan sebagian Sumatra saja. Bahkan sebagian besar jalur tersebut juga merupakan warisan dari jaman Belanda.

Yang bikin miris lagi adalah sangat banyak jaringan kereta api yang dulunya ada namun kemudian hilang karena sejak tahun 1980-an dianggap tidak ekonomis dibandingkan transportasi jalan raya.  

Saya bahkan masih ingat di kota kecil kelahiran saya sendiri dulunya ada sebuah stasiun kereta api, namun sekarang stasiun itu tinggal kenangan dan rel di sekitarnya kemungkinan besar sudah hilang terkubur jalan raya.

Salah satu jalur kereta api yang pernah saya jajal dan hingga kini sangat berkesan karena sangat unik dan mungkin tidak pernah bisa diulang kembali adalah naik kereta api menuju ke Pangandaran

Atau lebih spesifik adalah jalur Banjar -- Pangandaran.   Ketika itu, tahun 1978 dan sekolah kami mengadakan studi wisata ke Pangandaran dengan naik kereta api.  

Foto Screen Shot dari Pinterest
Foto Screen Shot dari Pinterest

Studi wisata ini tentu saja sekalian dengan tugas menulis makalah  tentang struktur bebatuan  geografi yang ada di pantai Pangandaran.  Saya masih ingat bahwa kelompok saya menulis tentang Pantai Batu Hiu yang unik sebagai tugas mata pelajaran Geografi.  

Untuk sampai ke Pangandaran dari Yogyakarta, sekolah menyewa 2 gerbong kereta khusus untuk murid sekolah yang terdiri dari empat kelas.  Jumlah murid mungkin sekitar 140 atau 150 orang didampingi dengan beberapa orang guru.  

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan