Mohon tunggu...
Taufik Uieks
Taufik Uieks Mohon Tunggu... Dosen - Dosen , penulis buku travelling dan suka jalan-jalan kemana saja,

Hidup adalah sebuah perjalanan..Nikmati saja..

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Merah Putih Pun Berkibar di South Island, Selandia Baru

12 September 2022   08:08 Diperbarui: 12 September 2022   08:22 179 11 8
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana Adalah Platform Blog. Konten Ini Menjadi Tanggung Jawab Bloger Dan Tidak Mewakili Pandangan Redaksi Kompas.

Dari Kawasan Mt Cook atau disebut Aoraki dalam Bahasa Maori, kami melanjutkan perjalanan menuju Wanaka Resort, yang merupakan tempat untuk menginap malam ini sebelum melanjutkan perjalanan ke  Queenstown, salah satu kota terbesar di South Island selain Christchurch. 

Mt Cook/Aoraki: Dokpri
Mt Cook/Aoraki: Dokpri

Kami kembali menyusuri tepian Lake Pukaki dan kemudian melewati sebuah kawsan bernama Twizel.  Melalui State Highway no. 8 perjalanan berlanjut dan memasuki  Kawasan di  Danau  Ruataniwha.  Sambil beristirahat, kami mampir di Lake Ruataniwha viewpoint. Pemandangan yang menakjubkan ada di hamparan. Danau dengan airnya yang biru tenang serta pegunungan di kejauhan dengan puncaknya yang bersalju. Setelah sejenak beristirahat perjalanan dilanjutkan kembali melewati State Highway no 8 menuju ke Omarama.

Peternakan salmon: DOkpri
Peternakan salmon: DOkpri

Sekitar beberapa kilometer dari Twizel, kamu  mampir di sebuah peternakan ikan salmon yang bernama High Country Salmon.  Di sini pengunjung bebas melihat peternakan ikan salmon, memberi makan, dan bahkan ikut memancing ikan salmon yang segar dan besar karena ari di kawasan ini juga sangat jernih dan berasal dari pegunungan.   Kalau kita memancing, maka ikan-ikan yang di dapat akan ditimbang dan terus dibeli. 

Cafe Salmon : Dokpri
Cafe Salmon : Dokpri

Selain itu di sini juga terdapat cafe & Shop yang terapung di atau air di mana ikan-ikan salmon itu diternakkan.  Salah satu jenis ikan salmon yang terkenal di sini disebut Chinook atau King dengan ukuran raksasa yang bisa memiliki berat lebih dari 6 kg.  Untuk ukuran yang lebih kecil sekitar 3-5 kg disebut dengan Baby Salmon.   Berbagai jenis menu ada di sini seperti salmon yang di asap dan juga sushi.

Kalau ingin membeli oleh-oleh salmon, bisa membeli yang segar dan baru dipancing dan kemudian diberi es pembeku dan dimasukkan ke dalam plastik yang divakum, bisa juga membeli yang sudah diasap atau dikeringkan sebelumnya.  Ikan salmon ini sendiri merupakan kuliner andalan di Pulau Selatan dan banyak mengandung omega 3.   Harganya bermacam-macam yaitu sekitar 30 NZ Dollar per kilogram.

Kanal dan Pintu Air: Dokpri
Kanal dan Pintu Air: Dokpri

Setelah mampir di peternakan, kami juga melihat-lihat kanal dan, pintu air dan bendungan yang merupakan bagian dari stasiun pembangkit listrik tenaga air Waitaki yang dibangun sekitar tahun 1968 dan memberikan tenaga listrik ke ratusan ribu rumah tangga di Kawasan McKenzie Basin di South Island.  Alam yang indah dan lingkungan yang bersih membuat kami merasa betah berlama-lama di kawasan ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan