Mohon tunggu...
Taufik Uieks
Taufik Uieks Mohon Tunggu... Dosen - Dosen , penulis buku travelling dan suka jalan-jalan kemana saja,

Hidup adalah sebuah perjalanan..Nikmati saja..

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Jalan Surya Kencana, Pecinan Kota Bogor yang Marak dengan Kuliner Legendaris

2 Juli 2022   14:36 Diperbarui: 2 Juli 2022   14:42 293 6 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Jalan-jalan ke Bogor? Lebih baik jangan di akhir pekan karena jalan-jalan utama di kota ini biasanya macet dengan kendaraan dari Jakarta. Karena itu saya akhirnya memutuskan beranjangsana ke kota yang dulu dikenal dengan nama Buitenzorg itu di hari kerja. 

Nah ternyata perjalanan lumayan lancar dan sekitar pukul 4 sore saya sudah tiba di ujung jalan tol Jagorawi dan keluar di dekat Terminal Baranangsiang. Tujuan pertama adalah membeli asinan di tempat langganan yaitu di Gedung Dalam.  Jalan-jalan di Bogor lumayan ramai tetapi masih tergolong lancar.

Asinan Gedung Dalam: Dokpri
Asinan Gedung Dalam: Dokpri

Namun ada beberapa hal yang sempat menjadi perhatian ketika berada di sekitar Toko Asinan di Jalan Siliwangi ini. Adanya banyaknya pengemis yang mengantre siap tanpa lelah mengejar orang yang habis belanja.  Kalau diperhatikan lumayan banyak juga pemasukannya. Dan uniknya jika sudah terkumpul uang agak banyak, pengemis ini menukarkan uangnya dengan penjual jamu yang mangkal di sana.

Selain pengemis, juga ada pemuda perak yang melumur seluruh badan sehingga menjadi warna putih berkilauan dan kemudian meminta uang kepada orang yang habis berbelanja. Sayangnya kalau diperhatikan, usaha pemuda ini masih kalah dengan pengemis karena lebih sedikit yang rela memberikan uangnya.

Dari Gedung Dalam, kendaraan kembali berputar dan kemudian menuju ke Jalan Surya Kencana.  Sebenarnya tidak jauh dari jalan Siliwangi. Namun karena satu arah tetap harus memutar. 

Dokpri
Dokpri

Memasuki Jalan Surya Kencana, sebuah pintu gerbang khas negeri Tiongkok menyambut. Ah saya ingat beberapa tahun lalu pernah kesini ketika Festival Capgome alias Bogor Street Festival  masih diselenggarakan sebelum Pandemi.  Tidak lama kemudian di sebelah kiri jalan, sekilas tampak Vihara Dhanagun, salah satu kelenteng tua di Bogor yang sudah berusia sekitar 3 abad.

Kendaraan terus berjalan dan akhirnya parkir di dekat kawasan Gang Aut. Tempat ini memang menjadi sentra kuliner dan banyak terdapat berbagai kuliner legendaris khas Bogor.  Saya kemudian berjalan kaki dan melihat suasana Jalan Surya Kencana di waktu senja. 

Jalan ini memang kenal dengan suasana Tionghoa sehingga walaupun tidak dalam suasana Tahun Baru Imlek, masih ada hiasan lampion dan lampu-lampu berwarna merah di sebagian jalan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan