Mohon tunggu...
Taufik Uieks
Taufik Uieks Mohon Tunggu... Dosen , penulis buku travelling dan suka jalan-jalan kemana saja,

Hidup adalah sebuah perjalanan..Nikmati saja..

Selanjutnya

Tutup

Travel Artikel Utama

Berkunjung ke Boeing, Pabrik Paling Luas di Dunia

24 Maret 2021   19:45 Diperbarui: 27 Maret 2021   11:19 1074 16 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Berkunjung ke Boeing, Pabrik Paling Luas di Dunia
pabrik Boeing : Dokpri

Anda sering bepergian dengan pesawat terbang? Tentunya sudah tidak asing lagi dengan jenis pesawat Boeing. Di Indonesia kita mengenal beberapa jenis pesawat Boeing dan yang paling populer adalah Boeing 737 yang digunakan oleh berbagai maskapai baik Garuda Indonesia, Lion Air dan masih banyak lagi.

Nah, kali ini perjalanan membawa saya ke Amerika Serikat, ke negara bagian Washington di pojok barat laut negeri Paman Sam dimana lokasi pabrik pesawat Boeing berada. Begini kisahnya.

Kebetulan saya menghadiri suatu konferensi di mana Boeing menjadi tuan rumah sekaligus salah satu sponsor utama. Konferensi sendiri berlangsung selama sekitar 6 hari di Seattle tepatnya disebut hotel di kawasan Bellevue. Salah satu acara dalam konferensi itu adalah anjangsana ke pabrik Boeing di Everette, Paine Field, Washington.

Boeing sebagai salah satu pabrik pesawat udara terbesar di dunia memiliki beberapa fasilitas pabrik, namun yang terbesar adalah fasilitas yang terletak di Everette, yang letaknya sekitar 42 Km di sebelah utara kota Seattle. Ternyata Pabrik Boeing ini menjadi salah satu atraksi wisata menarik bagi pengunjung kota Seattle dan negara bagian Washington.

dokpri
dokpri
Asyiknya, khusus hari itu, tempat wisata ini ditutup untuk umum dan hanya menyambut delegasi kami yang terdiri dari lebih 350 orang dan berasal dari seluruh dunia. Kami naik 8 bus wisata dan disambut di gedung atau kawasan yang bernama Future of flight.

Di sini kami dibagi berdasarkan kelompok untuk masuk ke ruang penyambutan berupa sebuah aula besar di mana diputar film dokumenter mengenai Boeing dan sejarahnya.

Sambil menunggu giliran, kami berfoto di sebuah ruangan bertuliskan Boeing dengan puluhan miniatur pesawat terbang berlogo maskapai dari seluruh dunia.

dokpri
dokpri
Disebutkan bahwa pabrik di Everette ini pertama kali digunakan sejak tahun 1943, dan baru pada 1966 digunakan untuk membuat pesawat berbadan lebar yang terbesar saat itu yaitu Boeing 747. Di lokasi ini juga terdapat gedung paling luas di dunia dan mempekerjakan lebih dari 30 ribu karyawan.

Setelah menyaksikan film selamat datang, kami menuju ke lapangan di luar gedung di mana bus sudah menunggu untuk mengunjungi berbagai fasilitas pabrik seperti final assembly berbagi jenis pesawat seperti B777, B 787,dan juga B747--8. Berkunjung ke fasilitas-fasilitas di dalam lokasi ini memang harus menggunakan kendaraan karena luasnya bagaikan sebuah kota tersendiri.

Kami kemudian masuk ke dalam berbagai fasilitas dan melihat berbagai fase pembuatan pesawat, dari yang belum jadi, setengah jadi hingga sampai ke pesawat yang sudah utuh untuk kemudian dicat dengan logo maskapai.

Sayangnya, di dalam fasilitas ini , pengunjung dilarang mengambil foto. Namun ada juga kesempatan untuk difoto dengan latar belakang berbagai jenis pesawat . Hanya memang yang membuat Foto adalah fotografer yang sudah disediakan .

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN