Mohon tunggu...
Taufik Uieks
Taufik Uieks Mohon Tunggu... Dosen , penulis buku travelling dan suka jalan-jalan kemana saja,

Hidup adalah sebuah perjalanan..Nikmati saja..

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama Pilihan

10 Prinsip Dasar Manajemen Keuangan (Bagian 1)

21 Maret 2021   15:29 Diperbarui: 21 Maret 2021   15:36 315 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
10 Prinsip Dasar Manajemen Keuangan (Bagian 1)
ilustrasi : Manajemen Keuangan / pexels.com

Manajemen Keuangan merupakan pengetahuan sekaligus seni untuk mengambil keputusan, Siapakah yang mengambil keputusan keuangan? Dalam suatu korporasi atau perusahaan, bisa saja, pemilik, pemegang saham, Direktur Utama, Direktur Keuangan, atau bahkan Manajer Keuangan.

Nah ternyata dalam ranah pengetahuan Manajemen Keuangan , terdapat 10 prinsip yang dijadikan dasar atau fondasi untuk semua kegiatan yang saling terkait di dalamnya. Inilah yang disebut 10 Prinsip dasar Manajemen Keuangan yang dapat kita ketahui tanpa memerlukan prasyarat pengetahuan mengenai keuangan.  Namun pada gilirannya 10 prinsip ini perlu diketahui dan dimengerti bagi kita untuk memahami keuangan.

Singkatnya walau kesepuluh prinsip ini mungkin sebagian terkesan sederhana atau bahkan sepele namun sepuluh prinsip inilah yang kemudian dijadikan dasar dalam semua tindakan dan pengambilan keputusan dalam wilayah manajemen keuangan.

Untuk itu, mari kita bahas ke sepuluh prinsip itu.

1. Keseimbangan antara Risiko dan Pengembalian atau The Risk -- Return Trade Off

Dalam kehidupan di dunia ini, semua pengembalian, atau penghasilan pasti diawali dari suatu investasi. Dan semua investasi memiliki risiko dari yang paling rendah hingga yang paling tinggi.  Risiko yang paling rendah atau risk free  biasanya dikaitkan dengan menabung pada deposito yang nilainya paling tidak diusahakan sama dengan tingkat bunga untuk mengonter inflasi.

Pada setiap Rapat Umum Pemegang Saham, biasanya pemegang saham akan menantang manajemen suatu perusahaan untuk memberikan Return yang lebih tinggi dibandingkan tingkat bunga. 

"Lebih baik modal saya didepositokan saja tanpa risiko dibandingkan ditanamkan di perusahaan ini kalau tingkat pengembaliannya (Return) hanya sekian persen," demikian komentar pemegang saham.

'No Risk No Gain.', merupakan suatu pepatah yang tenar baik dalam kehidupan maupun bisnis. Dan di sini kita melihat adanya korelasi positif antara risiko dan Return.  Dan hubungan keduanya akan menjadi subyek yang menarik dalam manajemen keuangan.

2. Nilai Waktu Uang atau Time Value of Money.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x