Mohon tunggu...
Taufik Uieks
Taufik Uieks Mohon Tunggu... penulis buku dan suka jalan-jalan kemana saja

Hidup adalah sebuah perjalanan..Nikmati saja..

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Mengintip Al Quran Kuno di Matenadaran, Yerevan

7 Februari 2020   10:07 Diperbarui: 11 Februari 2020   23:38 66 2 1 Mohon Tunggu...

Bagi seorang yang memiliki kesukaan menulis dan membaca, kesempatan untuk melihat naskah dan buku buku kuno yang berusia ratusan tahun tentu saja sangat sayang untuk dilewatkan. 

Karena ini selesai mampir ke Memorial Genosida Armenia yang membuat nurani meradang, kami kembali memesan taksi online untuk melanjutkan langlang di ibukota Armenia. 

Dokpri
Dokpri
Tujuan berikutnya adalah Matenadaran, sebuah museum naskah dan manuskrip kuno yang terletak di kawasan Kentron tidak begitu jauh dari Cascade 

Museum ini terletak di Mashtots Avenue yang di zaman Sovuet bernama Lenin Avenue. Letaknya di kawasan berbukit sehingga gedung yang megah ini sudah terlihat dari kejauhan ketika taksi mulai mendaki. 

Di depannya terdapat patung  raksasa Mesrop Mashtots, yang merupakan tokoh yang menciptakan aksara Armenia sekaligus perintis tempat penyimpanan buku alias Matenadaran pertama di Etchniadzin pada abad ke 5.

Dokpri
Dokpri
Tidak mengherankan kalau museum yang megah inipun memiliki nama resmi Mesrop Mashtots Research Institute of Ancient Manuscripts. 

Dengan perlahan, kami menaiki puluhan anak tangga dan kemudian menyempatkan sejenak berselfie ria di patung Mashtots yang gagah. 

Setelah itu saya menuju ke kantor penjualan tiket dan tiket masuk adalah 1500 Drama serta untuk mahasiswa hanya 300 Dram. 

Dokpri
Dokpri
Kemudian dimulailah pengembaraan melihat naskah dokumen peta dan juga buku kuno dalam berbagai bahasa. 

Museum ini terdiri dari 4 lantai dan setiap hall mempunyai tema yang khusus. 

Ada hall khusus untuk naskah kuno Armenia dan juga kitab injil berbahasa Yunani. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN