Mohon tunggu...
Taufik Uieks
Taufik Uieks Mohon Tunggu... penulis buku dan suka jalan-jalan kemana saja

Hidup adalah sebuah perjalanan..Nikmati saja..

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Sejenak bersama Susan dan Arman di Jantung Kota Yerevan

23 November 2019   12:21 Diperbarui: 24 November 2019   23:47 93 2 0 Mohon Tunggu...

Hari masih pagi ketika kaki mulai dilangkahkan untuk menghirup udara kota Yerevan. Kalau semalam perjalanan dari Bandara Zvarnots ke hotel Hyatt Place terasa sangat cepat karena  jalan yang sepi di malam buta, maka pagi ini mulai lah kami melihat keindahan pusat kota Yerevan, yang konon dibangun dengan segala kemegahan di zaman Soviet.

dokpri
dokpri
Orang lokal menyebut kawasan ini Kentron atau Sentral yang secara harfiah berarti pusat kota karena di kawasan inilah memang terdapat berbagai bangunan penting dan cantik yang menjadi ikon kota Yervevan.

dokpri
dokpri
Dari Hyatt Place saya berjalan menuju langsung ke jantung Republic Square. Dari sini saya  belok ke kiri dan menyebrangi Vargen Sargsyan Street dengan  Shahumyan Park yang cantik di tengah-tengahnya,. Setelah itu kita akan disuguhkan pemandangan menawan sebuah gedung  tua  nan cantik yang sekarang menjadi hotel mewah terkenal yaitu Marriott Armenia Hotel.   

dokpri
dokpri
Konon gedung ini dibangun pada 1958 sebagai Hotel Armenia dan merupakan Hotel BUMN zaman Soviet yang paling megah kalah itu dengan jumlah 9 lantai dan kamar sekitar 250. Walaku telah berusia sekitar 6 dasawarsa, hotel ini nampak kian cantik setelah direnovasi besar-besaran  dan berubah menjadi Marriott pada 1999.

Marriot Armenia ini hanya satu dari sekian banyak gedung-gedung tua nan cantik yang ada di Repbulic Square atau dalama bahasa Armenia disebut Hanrapetutyan hraparak dan sering disingkat hraparak saja olejh penduduk Yerevan.

dokpri
dokpri
Dari Hotel Armenia saya kembali menyebrangi Samhuyan Park dan menujui ke gerbang masuk Hyatt Place,.  Di sini letak jantung Republic Square dimana terletak sebuah  plaza atau lapangan yang besar dan megah dengan banyak taman kecil, kursi santai dan juga kolam air mancur.

Di kejauahan tampak sebuah Gedung yang tidak kalah cantik.   Lengkap dengan menara dan sebuah jam besar serta  bendera Amenia yang berwana Merah Kuning dan biru berkibar dengan gagah. Gedung ini adalah Gedung pemerintahan  Amenia yang  dibangun  paling awal  di sekitar Republic Square.

dokpri
dokpri
Gedung  bernama Government Building no 1 ini pertama kali dibangun oleh arsitek kenamaan Armenia Alexander Tamanian pada tahun 1920 an dan kemduian dilanjutkan oleh anaknya  Gevorg Tamanian pada akhir tahun 1930 an, Konon disini pernah berkantor lembaga yang bernama Komsiariat Rakyat Sovet Armenia.

Sambil duduk santai di salah satu kursi di dekat air mancur yang indah, Saya kemudian sejenak mengamati situasi di plaza yang luas ini dan tertarik dengan beberapa papan iklan mengenai tur dan wisata di kota Yerevan dan juga ke plosok Armenia. Bahkan ada yang ke negara tetangga yaitu Georgia seperti ke Tbilisi dan Batumi.

dokpri
dokpri
Sementara kalau kita alihkan pandangan ke arah yang lain, juga terdapat gedung tua yang tidak kalah indahnya yaitu History Museum of Armenia serta National Gallery of Armenia dengan halaman luas di depannya yang dihiasi airmancur.  Di malam hari air mancur ini  bisa  menari sambil diiringi musik tradisional Armenia maupun lagu klasik karya komponis terkenal dari seantero dunia.

dokpri
dokpri
Matahari kian beranjak tinggi, Namun saya masih bellum puas memperhatikan mobil mobil yang diparkir di Republic Square ini.  Sebagaian besar mobil  mempromosikan paket wisata  lengkap dalam bahasa Inggris, Russia , dan juga Armenia.  Yang menarik adalah sepasang mobil promosi wisata lengkap dengan nomer telpon bernama Susan dan Arman.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x