Mohon tunggu...
Taufik Uieks
Taufik Uieks Mohon Tunggu... penulis buku dan suka jalan-jalan kemana saja

Hidup adalah sebuah perjalanan..Nikmati saja..

Selanjutnya

Tutup

Hiburan Artikel Utama

Tahun Depan Ada Wayang Batak di Kota Tua

9 Oktober 2015   08:51 Diperbarui: 9 Oktober 2015   10:15 0 11 7 Mohon Tunggu...

Kota tua Jakarta, tepatnya Museum Seni Rupa dan Keramik, 7 Oktober 2015 malam menjadi panggung pagelaran Wayang Ringkang yang dipentaskan oleh Padepokan Seni Mayang Sunda dengan Ki Dalang Tatntan Sugandi.

Malam yang dingin berubah menjadi hangat dengan tarian pembuka yaitu Tari Topeng yang dibawakan dengan gemulai oleh tiga dara mojang priangan. Kemudian lakon “Sumantri Ngenger” yang menceritakan tugas berat yang emban oleh Bambang Sumantri untuk memboyong Dewi Citrowati dari Negri Amagada ke Negri Maespati mulai menghibur penonton, baik undangan maupun masyarakat yang kebetulan malam itu sedang bersantai di kawasan kota tua.

Aunan musik khas Sunda, suara Ki Dalang baik dalam Bahasa Sunda maupun sekali-kali dalam Bahasa Indonesia dan gerakan wayang golek yang jenakan terus menghibur penonton. Penampilan punakawan seperti gareng, Cepot juga menambah hangat suasana malam. Hari sudah hampir mendekati tengah malam ketika penampilan tiga penari Jaipongan ikut memanaskan suasana dan menghilangkan rasa kantuk.

Sementara suasana di kawasan Kota Tua masih tetap ramai, terutama dengan pengunjung yang sedang bersantai sambil menikmati makanan dan minuman yang sambil lesehan. Sebagian lagi ikut menonton pertunjukn Wayang Ringkang dari kejauhan.

Acara ini merupakan salah satu dari rangkaian “Festival Wayang Nusantara” yang diadakan mulai tanggal 7 Oktober sampai 11 Oktober 2015, dan malam itu adalah malam acara pembukaan yang dihadiri oleh media serta tamu kehormatan Duta Besar Republik Georgia dan juga Duta Besar Bosnia untuk Indonesia.

Sebelum acara dimulai, disempatkan mengintip suasana Museum Senirupa dan Keramik di malam hari. Ada sebuah plakat yang memperingati sumbangan koleksi mantan Mentri Luar Negri dan juga Wapres Adam Malik. Setelah itu, undangan juga mendapatkan jatah makan malam sambil menunggu acara pembukaan pada pukul 8 malam.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x