Mohon tunggu...
Taufik Hidayat
Taufik Hidayat Mohon Tunggu... Mahasiswa - taufik hidayat

mahasiswa universitas ahmad dahlan yogyakarta prodi pgsd angkatan 2020

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Perbedaan Perubahan Perilaku Anak Zaman Dahulu dengan Anak Zaman Sekarang

5 Juni 2021   12:35 Diperbarui: 5 Juni 2021   12:48 239 1 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Anak adalah titipan dari tuhan yang diberikan kepada orang tuanya untuk diasuh dan dibesarkan serta diberi kehidupan yang layak. Seorang anak memilikiperkembangangan masing-masing tergantung dengan pola asuh orang tua dan juga lingkungannya. Perkembangan anak memanglah dapat dipengaruhi dari berbagai sisi namun anak dapat memilih mau mengikuti jalan yang mana dan juga mayoritas perkembangan anak diwilayah tersebut.

Perkembangan atau perubahan zaman juga dapat mempengaruhi perkembangan anak dan juga tingkah laku anak. Zaman dahulu anak-anak itu bermain dengan permainan tradisional dan bersenang-senang dengan teman satu kampung namun jika dilihat anak-anak zaman sekarang sudah banyak yang kecanduan dengan hp dan juga aktivitas sosmed.

Jika dibandingkan dengan anak zaman dahulu anak zaman sekarang akan kalah dengan pengetahuan sosialnya, contohnya kita memberi sebuah perrtanyaan mengenai lagu-lagu kebangsaan anak zaman sekarang itu banyak yang tidak tau sedangkan jika anak diberikan pertanyaan mengenai lagu-lagu yang ada di sosmed seperti tiktok dan instagram maka anak tersebut akan dengan cepat tanggap mengetahui apa judul lagu tersebut dan juga hafal dengan liriknya. Sebenarnya perkembangan zaman itu sungguh baik bagi kehidupan di muka bumi ini namun jika masih ada anak-anak yang tidak mengetahui pengetahuan sosialnya maka sesungguhnya negara tersebut belum siap menghadapi sebuah kemajuan zaman. Apa jadinya jika seorang generasi penerus bangsa kok malah tidak tau mengenai hal-hal kecil seperti lagu-lagu kebangsaan.

Banyak juga anak-anak dibawah umur saat ini yang bermain game online tanpa mengenal waktu, bahkan seorang anak yang sudah kecanduan game online akan memiliki sifat yang kurang ramah kepada orang tuanya terutama. Dalam bermain game online anak akan berfokus dengan perminan tersebut dan tidak menghiraukan keadaan sekitar dan tidak mengetahui apa yang terjadi di sekelilingnya, yang mereka tau seuanya hanyalah mengenai game tersebut. Sekumpulan anak zaman sekarang jika sedang berkumpul maka mereka akan bermain game dan tidak saling berbicara ataupun bercanda bersama, beda halnya dengan tongkrongan anak zaman dulu yang dimana anak zaman dulu akan selalu mengobros mengulas aktivitasnya tadi pagi dan akan merancang aktivitasnya di esok hari yang kemudian mereka melakukannya dengan bersama.

Perubahan perilaku anak juga terjadi sangat parah dibandingkan anak zaman dulu yang dimana anak zaman dulu yang belum mengenal hp  itu masih menghargai kepada orang yang lebih tua namun sekarang terbanding terbalik dengan apa yang terjadi di masa dahulu, anak-anak zaman sekarang kebanyakan sikapnya kepada orang yang lebih tua itu kurang baik serta tutur kata yang di ucapkan anak sungguh sudah tidak memiliki etika seorang anak-anak yang dimana ia harus berbicara sesuai dengan umurnya.

Disini peran orang tua terhadap perkembangan anaknya sangatlah besar  karena hanya menggunakan satu alat yang namanya hp anak akan mengetahui segalanya di luar sana baik itu hal yang baik maupun hah yang buruk. kemajuan zaman harus diiringi dengan kemajuan pola asuh orang tua kepada anak supaya anak tidak mudah terbawa arus perubahan zaman yang sangat cepat ini. Maka mari kita bersama-sama membimbing generasi-generasi penerus yang baik supaya kedepannya negara kita ini memiliki pemimpin yang baik dari sifat, etika, tingkah laku, dan juga pemikiran yang jernih untuk memajukan bangsa ini.

Mohon tunggu...

Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan