Mohon tunggu...
TAUFIK HIDAYAT
TAUFIK HIDAYAT Mohon Tunggu... Guru - Love, Dream and Hug

Menyukai dunia bulutangkis dan suka menulis. I hope i will find new things here. Terima kasih yang sudah vote dan kasih komentar. Salam Kompasiana.

Selanjutnya

Tutup

Kebijakan Pilihan

Regulasi Sepeda Skuter Listrik dan Inovasinya

13 Agustus 2023   19:36 Diperbarui: 13 Agustus 2023   20:41 148
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto Ilustrasi : Tribunnews.com

Penggunaan skuter listrik atau sepeda listrik cukup marak di berbagai daerah di Indonesia. Namun tampaknya para penggunanya belum memahami penggunaan skuter listrik tidak boleh digunakan di jalan raya. 

Setidaknya itu yang diungkapkan oleh Kepala Dinas Perhubungan Ciamis, Dadang Mulyatna. Ia menekankan Permenhub No 46 Tahun 2020 dimana skuter listrik atau sepeda listrik hanya dapat digunakan pada jalur atau event tertentu. 

"Menurut aturan, sepeda listrik dan sejenisnya tidak boleh digunakan di jalan raya," ujar Dadang, Sabtu (12/8/2023) seperti termuat dalam Detikcom

Dadang mengingatkan pelarangan menambah kecepatan dengan memodifikasi skuter atau sepeda listrik.

Skuter hanya boleh digunakan di daerah pemukiman, jalan kompleks/perkampungan, kawasakawasan wisata, area sarana angkutan umum, perkantoran dan area di luar jalan. 

Pelanggaran sering dilakukan oleh anak-anak di bawah umur. Terkadang mereka mengendarai skuter listrik tanpa memakai helm dan membonceng lebih dari satu orang. Hal ini tentu cukup berbahaya dan harus dihindari. 

Sebenarnya penggunaan sepeda listrik atau skuter listrik cukup tren dan memberikan keuntungan bagi penggunanya. Namun perlu diketahui hal lain yang perlu diwaspadai dari sepeda listrik/skuter listrik yaitu baterainya sering meledak mendadak utamanya saat dicas sehingga penggunaannya kurang aman. 

Baca juga: Kura-Kura dan Hujan

Tentu hal tersebut harus segera dimodifikasi agar penggunaan sepeda/skuter listrik lebih aman dan terjamin. Baru-baru ini perusahaan skuter dan sepeda listrik ternama China, AIMA Technology yang memperbarui teknologi skuter, baterai, sistem kendali, resisten reduksi dan jarak tempuh sepeda/skuter hingga 100 km. Tentu ini akan menambah inovasi alat transportasi yang aman dan ramah lingkungan. 

*****

Mohon tunggu...

Lihat Konten Kebijakan Selengkapnya
Lihat Kebijakan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun