Mohon tunggu...
Taufik Hidayat
Taufik Hidayat Mohon Tunggu... Seorang penulis dan penikmat tulisan

Hidup ini indah sekali

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

Akhirnya Fosil Keong Terbesar pun Ditemukan

19 Agustus 2019   16:00 Diperbarui: 19 Agustus 2019   16:10 0 0 0 Mohon Tunggu...
Akhirnya Fosil Keong Terbesar pun Ditemukan
dokpri

Fosil merupakan salah satu bukti sekaligus sebuah peninggalan sejarah pada zamannya. Para sejarawan akan mampu mendeskripsikan masa lalu dari bukti-bukti sejarah otentik, salah satunya berupa fosil.

Fosil Keong ini merupakan salah satu fosil yang pernah ditemukan dengan ukuran besar. Fosil Keong ini memiliki ukuran panjang 9,5 cm; lebar 8,5 cm, dan tinggi 8,7 cm. Sebuah ukuran yang besar bila dibandingkan dengan ukuran keong saat ini.

Kemungkinan besar keong ini mati tatkala tanah masih labil berupa lelehan atau pada saat tertimbun lava gunung meletus. Ini baru kemungkinan. 

Fosil ini ditemukan di areal persawahan saat penggalian tanah untuk membuat fondasi rumah. Lebih tepatnya fosil keong ini ditemukan di Desa Pusakasari Kecamatan Leles Kabupaten Cianjur Jawa Barat.

Sampai dengan saat ini fosil tersebut masih utuh dan terjaga dari pengikisan alam sehingga akan menjadi bukti sejarah bahwa pada masa tersebut keong itu memiliki ukuran yang sangat besar. Fosil tersebut juga menjadi bukti bahwa pada masa lalu keong memiliki ukuran yang sangat besar. Akan tetapi seiring zaman keong tersebut mengalami evolusi hingga menjadi kecil seperti saat ini.

KONTEN MENARIK LAINNYA
x