Mohon tunggu...
taufik hidayat
taufik hidayat Mohon Tunggu... Freelancer - Mahasiswa

Mahsiswa Penulis

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

KKN Tematik UPI 2021: Pendampingan Sekolah SMAN 4 Tambun Selatan dalam Menanggulangi Dampak Covid -19 di Bidang Pendidikan

29 Juli 2021   08:37 Diperbarui: 29 Juli 2021   11:54 59 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
KKN Tematik UPI 2021: Pendampingan Sekolah SMAN 4 Tambun Selatan dalam Menanggulangi Dampak Covid -19 di Bidang Pendidikan
Dok. pribadi

Pada saat ini tentunya kita sedang menghadapi suatu penyakit atau pandemic yang berbahaya. Pandemi ini tidak hanya menyerang suatu negara tertentu  , namun bisa menyerang ke berbagai negara. Segala upaya sudah dilaksanakan oleh berbagai negara untuk menangani peningkatan dari akibat pandemi ini, salah satunya Indonesia.

WHO atau World Health Organization telah menetapkan virus Covid-19 ini sebagai pandemi dikarenakan skala penyebaran penyakit sudah terjadi secara global di seluruh negara, sehubungan dengan itu pula WHO memberikan peringatan pada pemerintah di seluruh negara untuk meningkatkan kesiapsiagaan dalam mencegah dan menanggulangi wabah tersebut. Dampak yang ditimbulkan dari pandemi Covid-19 yang melanda seluruh negara tersebut menyangkut seluruh aspek kehidupan manusia, termasuk pada aspek pendidikan dan juga aspek ekonomi, dampak-dampak yang ditimbulkan juga tidak jarang membuat banyak negara mengalami kesulitan dan kerugian.

Layaknya virus penyebab flu dan batuk, virus Corona atau Covid - 19 dapat menyebar melalui udara sehingga penularannya bisa terjadi dengan cepat. Penyebaran virus ini umumnya terjadi di lingkungan padat orang, seperti pasar, mal, bandara, termasuk di sekolah.

Lingkungan sekolah bisa menjadi lokasi potensial penyebaran beragam virus, baik flu, batuk, cacar air, termasuk virus Corona. Walau begitu, kepanikan bukanlah jalan keluar untuk "melawan" virus ini, melainkan melalui langkah-langkah pencegahan dan penanganan tepat.

SMAN Negeri 4 Tambun Selatan

Melalui Kegiatan KKN Tematik UPI 2021 , mahasisswa ikut berperan aktif dalam Upaya Pendampingan Kepada SMAN 4 Tambun Selatan dalam Menanggulangi Penyebaran dampak  Covid -- 19 dibidang Pendidikan. Kegiatan Kuliah Kerja Nyata Tematik Membangun Desa melalui Bidang Pendidikan dan Ekonomi dalam Implementasi MBKM pada Masa Pandemi Covid-19 (KKN Tematik MDBPE-MBKM) ini tidak hanya melakukan pengabdian , namun memberikan pendampingan terhadap instansi terkait untuk ikut bekerja sama dalam meminimalisir penyebaran Covid -- 19 ini.

Adapun dengan adanya delegasi melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata Tematik Membangun Desa melalui Bidang Pendidikan dan Ekonomi dalam Implementasi MBKM pada Masa Pandemi Covid-19 (KKN Tematik MDBPE-MBKM) ini , Taufik Hidayat dengan dosen pembimbing lapangan Dr. Dian Budiana, M.Pd. melaksanakan program yang terhitung pada tanggal 3 Juli 2021 dengan berbagai program yang diharapkan mampu membantu dan mendampingi berbagai aktivitas yang dilaksanakan di lingkungan SMAN 4 Tambun Selatan secara daring.

Pemasangan banner tentang upaya pencegahan penyebaran covid - 19

Adapun upaya yang dilakukan Taufik Hidayat untuk mendampingi SMAN 4 Tambun Selatan adalah sebagai berikut :

  • CTPS
  • Sederhana, namun inilah langkah pencegahan yang utama dalam menangkal penyebaran beragam virus, termasuk virus Corona, yakni Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS). Guru dan orangtua harus membiasakan anak-anak untuk mencuci tangan saat:
  • Akan memulai pelajaran di kelas.
  • Saat akan makan.
  • Usai ke kamar mandi.
  • Usai bermain dan berkegiatan.
  • Saat tiba di rumah sepulang sekolah.
  • Gejala awal virus Corona tidak spesifik bahkan tidak ada perbedaan dengan infeksi saluran pernafasan atas (ISPA) seperti batuk dan pilek, ujar Wisnu. Bisa berupa demam, batuk, sesak nafas, nyeri tenggorokan, hidung tersumbat, lemas, sakit kepala, dan nyeri otot.
  • Untuk itu, guru dan orangtua disarankan untuk tidak salah prosedur seperti percaya pada cara-cara pencegahan dan penanganan di media sosial yang tak jelas sumbernya. Langkah tepat ialah mengajak anak yang alami demam, lemas, pucat untuk segera cek suhu di ruang unit kesehatan siswa (UKS) dan orangtua perlu melanjutkan untuk periksa ke dokter. Apapun penyakitnya, penanganan yang cepat dan tepat akan mencegah penyakit bertambah parah.
  • Mengedukasi penggunaan masker dengan benar
  • "Masker merupakan komponen penting dalam mencegah penularan virus Corona, karena virus tersebut di tularkan lewat udara, pemakaian masker bisa mengurangi penularan sampai tingkat keberhasilan 80 persen," kata Wisnu.
  • Wisnu menerangkan bahwa masker yang dipakai bisa berupa masker bedah dan tidak harus masker N95. Sebab masker N95 umumnya lebih mahal dan bisa membuat anak merasa tidak nyaman. "Untuk pemakaian masker bedah seperti yang berwarna biru-putih, maka warna putih berada di dalam, warna biru di luar, ini yang sering terbalik pada masyarakat. Dan jangan lupa mengganti masker sesering mungkin," imbuhnya.
  • Menerapkan Social Distancing di lingkungan sekolah
  • Salah satu cara yang efektif dalam membatasi penyebaran virus Covid -- 19 ini adalah dengan selalu mematuhi protocol kesehatan yang ada dan selalu menerapkan jaga jarak minimal 1 m.
  • Dengan adanya kegiatan Kuliah Kerja Nyata Tematik Membangun Desa melalui Bidang Pendidikan dan Ekonomi dalam Implementasi MBKM pada Masa Pandemi Covid-19 (KKN Tematik MDBPE-MBKM) ini , diharapkan agar mahasiswa bisa berkontribusi dalam melakukan pendampingan di lingkungan yang rentan terhadap penyebaran covid -- 19. Akhir kata , semoga pandemic ini bisa segera berakhir dan aktivitas berjalan normal Kembali.

Nama : Taufik Hidayat

Nim : 1804120

Dosen Pembimbing Lapangan : Dr. Dian Budiana, M.Pd.

Kelompok : 27

Lokasi Kegiatan : SMAN 4 Tambun Selatan

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN