Mohon tunggu...
Taufan Satyadharma
Taufan Satyadharma Mohon Tunggu... Pencari makna

ABNORMAL | gelandangan

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Artikel Utama

Jangan Dendam pada Keadaan

21 Januari 2021   23:28 Diperbarui: 23 Januari 2021   04:21 224 21 5 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Jangan Dendam pada Keadaan
unsplash/ryan-tauss

Banyak cerita yang telah aku dengar ketika engkau telah tumbuh dewasa. Banyak perubahan yang telah terjadi selama aku tidak bisa setiap hari menatapmu. 

Sekian lama aku telah pergi, sehingga kecil kemungkinan engkau akan mengenalku dengan baik. Tapi, itu semua tidak menjadi alasan bagiku untuk berhenti mendoakanmu.

Keluarlah, lihatlah dunia ini begitu luas. Jangan kau bangun kecerdasanmu untuk membalas keadaan. Jangan sampai engkau dendam kepada keadaan yang sangat banyak memberikanmu pelajaran dan hikmah akan kesejatian hidup.

Tertawalah, jika itu membuatmu lepas dari segala faktor yang memenjarakanmu. Di luar sana masih banyak yang butuh hiburan yang mungkin saja bisa kamu tularkan dengan riang tawamu. 

Semisal sedih itu sesekali datang, jangan lantas engkau buang. Berilah ia ruang, karena engkau akan merasakan kebahagiaanmu semakin bertambah setelah kau berikan kesedihan itu ruang.

Berdirilah semakin tegak asal jangan lupa bahwa kaki tetap harus menapak tanah sebagai penopang agar dirimu tidak mudah jatuh atau terombang-ambing oleh keadaan yang pasti akan kau temui di kemudian hari.

Bisa saja saat ini engkau sedang menunjukkan kecerdasanmu, karena hanya itu yang bisa engkau banggakan. Tapi ingat, dunia ini lebih luas, kelak engkau akan menemukan kenyataan bahwa dirimu ternyata hanyalah sandera atas segala keinginan dan tuntutan. 

Ingatlah, bahwa kepintaranmu juga tak akan berpengaruh banyak apabila tidak diimbangi dengan mentalitas dan spiritualitas yang mumpuni.

Meskipun kali ini saja aku banyak melihatmu terasing, esok aku engkau akan merasakan dunia yang lebih asing lagi semakin beranjak dewasanya usia. 

Segala mata yang tertuju kepadamu seolah-olah adalah teriakan keras atas tidak nyamannya mereka dengan hadirnya dirimu di lingkungan mereka. 

Namun, bertahanlah dan terus berbuat baik. Justru ketika itu nantinya terjadi, jadikan itu sebuah latihan untuk menaikkan level dalam menahan diri. Dan jangan sampai tatapan mereka mempengaruhimu, apalgi dirimu terpancing untuk membalasnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x