Mohon tunggu...
Tati Hidayat
Tati Hidayat Mohon Tunggu... Asisten Rumah Tangga - Wanita Biasa

Penikmat hidup

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Isra Festival Wisata Halal Haji dan Umroh

14 Desember 2022   17:24 Diperbarui: 14 Desember 2022   17:42 157
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Alhamdulillah setelah kita melewati masa pandemi dua tahun lalu, dan semua perjalanan internasional telah dibuka kembali. Sejak awal tahun 2022 kaum muslimin kembali melakukan perjalanan ibadah umroh

Berita gembira nya adalah, Pemerintahan Saudi memberikan kebijakan baru menuju Visi Saudi 2030 kepada jamaah umroh Indonesia. Sekarang suntik vaksin meningitis, tidak menjadi suatu hal yang wajib, asalkan calon jamaah umroh sudah melakukan booster. 

Tapi kalau bagi yang mempunyai komorbid sebaiknya melakukan vaksin meningitis. Khusus untuk calon jamaah perempuan, sekarang bisa melakukan ibadah umroh tanpa didampingi mahram.

Melihat dan menjawab kebutuhan pasar perjalanan muslim, mendorong Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umroh (PPIU)serta stakeholder terkait melakukan sejumlahbterobosan solutif untuk menangkap peluang pasar yang tahun depan lebih mengarah pada Bussniess to Customer (B to C).

Traya Eksibisi Internasional bersama Himpunan Penyelenggara Umrah dan Haji (Himpuh) akan menyelenggarakan Indonesia Destinasi & Travel Halal "Isra Festival yang akan berlangsung pada 23-25 Desember 2022, di Jakarta Convetion Center (JCC) Hall A. Isra Festival menghadirkan sebanyak 109 stand yang diikuti perusahaan travel haji dan umrah, hotel atau akomodasi halal, wisata muslim, transpotasi, halal food, aksesoris travel, aplikasi travel halal, produk keuangan syariah, industri pendukung (FMCG, Kuliner, Herbal/obat-obatan, kosmetika, fashion dan sebagainya, komunitas, pemerintah daerah/kota, kedutaan negara sekitar tujuan negara muslim.

Pada kesempatan press conference hari ini Jakarta 14 Desember 2022, Direktur Traya Eksibisi Internasional Bambang Setiawan mengatakan "Isra Festival merupakan salah satu ikhtiar untuk menguatkan kembali ekosistem industri perjalanan wisata halal dan stakeholder terkait pasca pandemi". Dengan positioning "Muslim Friendly Tourism", sedikitnya akan ada 10 top destinasi wisata muslim friendly yang ditawarkan, jadi tidak hanya dalam negeru, tetapi juga luat negeri (outbond), diantaranya Malaysia, Arab Saudi, Turkey, Uni Emirat Arab, Qatar, Iran, Bahrain, Singapura dan Uzbekistan. Kemudaina ada 10 top muslim friendly non-OIC Destinatins, yaitu Singapura, Taiwan, Thailand, United Kingdom, Hong Kong, Japan, South Africa, Philippines, United States dan Australia.

Selama pameran berlangsung akan digelar berbagai acara menarik sepertintravel community, talk show tentang umrah, dan konsultasi prinsip halal pada industri kuliner (halal restaurant), lomba fotografi, business tips and trickss.. Hadiir juga Sekjen Himpuh, M.Firman Tufik mengatakan, "saat ini industri Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umroh (PPIU) harus lebih proaktif menjawab kebutuhan pasar umroh yang semakin kompetitip. Kebijakan pemerintah Saudi dalam implementasi Visi Saudi 2030, satu sisi membuka peluang yang besar bagi industri untuk melakukan berbagai terobosan kreatif dan solutif.

Jadi menurut nya "Bagi calon jamaah umroh yang pertama harus dilihatbdalam penawaran paket perjalanan umroh adalah harganya wajar atau tidak. Kalau harganya tidak wajar, tetap memakasakan beli karena harga murah, maka kita dzolim. Sering terjadi penipuan dan banyak korban. Nah ini akan dibahas nanti pada Talk Show hari pertama di ISRA FESTIVAL 2022 jumat 23 Desember 2022, bertajuk "Transparansi Biaya Umrah di Indonesia: Jangan Tergiur dengan Harga Murah.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun