Mohon tunggu...
Tati Hidayat
Tati Hidayat Mohon Tunggu... Asisten Rumah Tangga - Wanita Biasa

Penikmat hidup

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Ketika Allah Memanggilku Berkunjung ke Baitullah

6 Desember 2022   17:41 Diperbarui: 7 Desember 2022   13:42 231
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto ini diambil setelah menyelesaikan tawaf wajib. Dokpri

jPanggilan Sang Maha Kuasa mengundangku seperti tahu bulat alias dadakan. Iya memang harus ku akui selama ini menjalani sisa-sisa kehidupan dunia adalah dengan mengikuti kata hati. Ketika hati ini terketuk maka tidak pernah ku berpikir panjang lagi untuk melakukannya. 

Seperti traveling-traveling yang ku lakukan selama ini. Begitu pula dengan keinginan untuk umroh, ketika hati ini ingin umroh tanpa pikir panjang lagi langsung mendatangi kantor travel Gaido Travel yang kantornya memang dekat dari rumah. Kantornya memang ga terlalu besar ruko biasa aja, tapi kan yang penting amanah.

Jamaah tinggal terima beres aja, semuanya tim Gaido yang mengaturnya. Jadi paket yang saya pilih umroh plus Turkey. Keberangkatan yang dijadwalkan sebenarnya bulan September tapi kendalanya pada tiket Turkey yang memang sedang melonjak. Saat itu Turki sedang inflasi, banyak backpaker  yang berwisata atau yang para pembisnis jastip. Kembali lagi semuanya ku serahkan Kepada Allah, Qadarallah ternyata banyak yang harus ku selesaikan dulu dirumah.

Makam Rasulullah untuk bisa berkunjung ke Raudhah sejak covid diberlakukan tasreh (tiket). Dokpri
Makam Rasulullah untuk bisa berkunjung ke Raudhah sejak covid diberlakukan tasreh (tiket). Dokpri

Apapun yang terjadi, kita harus husnodzon Kepada Allah. Iya karena Allah Maha Tahu waktu yang terbaik untuk kita. Berangkatlah kami ke Turkey, melalui Bandara Soekarna Hatta. Rombongan terbagi 2, umroh plus Turki berangkat tanggal 21 November 2022 dan rombongan reguler berangkat tanggal 24 November 2022.

Alhamdulillah di Turkey kami diajak mengunjungi dan berziarah ke masjid-masjid dan makam Sultan Mehmed II atau Sultan Al-Fatih lebih dikenal Sang Penakluk  yang memang ada hubungannya dengan penyebaran agama islam di pulau Jawa.

The Hagia Sophia Grand Mosqoe. Dokpri
The Hagia Sophia Grand Mosqoe. Dokpri

Alhamdulillah tanggal 24 November rombongan Turkey, bertemu dengan rombongan reguler di Madinah. Hotel yang dipilih Gaido juga dekat ke Masjid Nabawi, alhamdulillah bertetangga dengan Rasulullah. Kami diajak ke Raudhah taman surga , makam keluarga Rasulullah Baqi Al-Gharqod, City tour Madinah mengunjungi, Masjid Quba,Masjid Qiblatein, Jabal Uhud, dan Kebun Kurma.

Masjid Quba. Dokpri
Masjid Quba. Dokpri

Sedangkan di Mekkah kami lebih banyak fokus beribadah, jarak hotel ke Masjidil Haram hanya 200 meter jadi lebih enak dan mudah bolak balik ke masjid dan hotel. Selain dianjurkan untuk perbanyak tawaf, kami juga diajak city tour Mekkah mengunjungi Padang Arafah, Jabal Tsur, Jabal Nur, Muzdalifah, Mina, dan Masjid Ja'ronah.

Perjalanan umroh ini sangat berkesan, apalagi di bimbing oleh Pak Kyai Fajar. Ngena banget pas berdoa, bimbingannya mudah dipahami. Alhamdulillah ibadah umroh jadi lebih mudah bagiku yang minim ilmu agama.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun