Mohon tunggu...
Tatia Traveller
Tatia Traveller Mohon Tunggu... Sosiologist, Ibu tiga anak yang suka menulis, traveling dan makan enak.

Penulis buku Cara Mencegah Selingkuh dan Cerai, Cegah dan Deteksi Kanker Serviks, Bahaya Alkohol dan Cara Mencegah Kecanduannya, Love and Shock, Hidangan Fav Mediterania. Sosiolog, dan pemerhati the whole universe. Menetap di Yunani sejak 2003. Saat ini sedang senang menulis tentang kesehatan, mind and body.http://www.tatiatravels.com

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Bagaimana Mencegah Terinfeksi Covid-19?

17 Maret 2020   15:11 Diperbarui: 17 Maret 2020   15:30 82 0 0 Mohon Tunggu...

Covid 19 virus yang muncul pertama kali di Wuhan China sejak tahun lalu. Tapi santer diberita mulai bulan Januari 2020. Terlebih saat Imlek mereka tidak bisa merayakannya. Karena saya suka menulis buku tentang kesehatan dari segi ilmu yang saya dalami sosiologi. Maka izinkan saya untuk sekedar berbagi.

Infeksi virus corona tidak menyebabkan pilek dengan pilek atau batuk produktif, tetapi pada awalnya menyebabkan batuk kering.

 Virus tidak tahan panas dan mati jika terkena suhu tinggi: 26-27 derajat. Minuman panas seperti teh, teh herbal atau sup harus sering dikonsumsi di  siang hari atau hanya air panas: cairan panas menetralkan virus, jadi hindari minum air es.
 
  1. Ukuran virus cukup besar (berdiameter sekitar 400-500 nanometer), jadi semua jenis topeng dapat menghentikannya: dalam kehidupan sehari-hari, tidak diperlukan topeng khusus, masker sederhana sudah cukup.

  Di sisi lain, situasinya berbeda untuk dokter dan profesional kesehatan yang terpajan viral load tinggi dan perlu menggunakan peralatan khusus.

  2. Ketika virus berada di permukaan logam, ia bertahan selama sekitar 12 jam. Jadi ketika menyentuh permukaan logam, seperti lemari, peralatan, batang bus, dll., Cuci tangan Anda secara menyeluruh dan desinfektan dengan hati-hati.

  3. Virus dapat bertahan hidup pada pakaian dan kain selama sekitar 6/12 jam: deterjen biasa dapat membunuh mereka. Untuk pakaian yang tidak bisa dicuci setiap hari, Anda dapat meninggalkannya di bawah sinar matahari untuk waktu yang lama, Covid 19 tidak akan tahan.

  Bagaimana Covid 19 memanifestasikan dirinya:

  1. Virus tetap berada di tenggorokan terlebih dahulu, menyebabkan peradangan dan tenggorokan kering: gejala ini dapat berlangsung selama 3/4 hari.

  2. Virus kemudian bergerak melalui kelembaban di saluran pernapasan, turun ke trakea dan kemudian mengendap di paru-paru yang menyebabkan pneumonia. Tahap ini memakan waktu sekitar 5/6 hari.

  3. Pneumonia terjadi dengan demam tinggi dan kesulitan bernafas, tetapi tidak disertai dengan menggigil konvensional. Jika Anda merasa sangats esak dan sulit bernafas, segera hubungi dokter Anda.

  Bagaimana Anda bisa menghindarinya?

  1. Virus ini terutama ditularkan melalui kontak langsung, menyentuh kain atau bahan yang mengandung virus: penting untuk sering mencuci tangan.

 Virus hanya bertahan di tangan Anda selama sepuluh menit, tetapi dalam sepuluh menit, banyak hal dapat terjadi: gosok mata Anda atau garuk hidung Anda misalnya dan biarkan virus masuk ke tenggorokan Anda ...

  Jadi, untuk kebaikan Anda sendiri dan orang lain, cuci tangan Anda sangat sering dan desinfektan!

  2. Anda dapat berkumur dengan obat kumur desinfektan yang menghilangkan atau meminimalkan jumlah virus yang dapat masuk ke tenggorokan Anda sehingga Anda dapat menetralkannya sebelum turun ke trakea dan kemudian ke paru-paru.

  3. Bersihkan keyboard komputer dan ponsel.

 Selain itu, Covid19 mungkin tidak menunjukkan tanda-tanda infeksi selama beberapa hari, selama itu tidak diketahui apakah seseorang terinfeksi atau tidak.

 Tetapi ketika Anda demam dan / atau batuk, paru-paru Anda biasanya sudah 50% terinfeksi.

 Karena itu, para ahli menyarankan agar Anda melakukan pemeriksaan sederhana setiap pagi:
 Ambil napas dalam-dalam dan tahan napas selama lebih dari 10 detik. Jika Anda melakukan ini tanpa batuk, merasakan tekanan pada dada Anda, dll., Menunjukkan bahwa tidak ada fibrosis di paru-paru. Tes ini menunjukkan tidak adanya infeksi.

 Pada saat-saat kritis seperti itu, periksa ini setiap pagi di udara segar.

 Ini adalah informasi dan saran sederhana dari dokter yang menangani kasus COVID-19.

 Tip sederhana lainnya adalah menjaga leher tetap lembab, setidaknya sekering mungkin. Minumlah beberapa teguk air setidaknya setiap 15 hingga 20 menit.

 MENGAPA? Bahkan jika virus memasuki mulut Anda ... air atau cairan lain akan membawanya melalui kerongkongan ke perut.
 Setelah di lambung, asam lambung akan membunuh virus. Jika Anda tidak minum cukup air secara teratur, virus akan dapat masuk ke paru-paru dengan lebih mudah.

 Bagikan informasi ini dengan keluarga, teman, dan kenalan, solidaritas, dan warga Anda.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x