Mohon tunggu...
Tati AjengSaidah
Tati AjengSaidah Mohon Tunggu... Guru - Guru di SMPN 2 Cibadak Kab. Sukabumi

Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Artikel Utama

Anak Tidak Diterima di Sekolah Negeri, Bagaimana Cara Orangtua Menyikapinya?

14 Juli 2022   05:30 Diperbarui: 14 Juli 2022   13:40 1047 59 14
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Suasana PTM di SD Negeri Tangerang 14 (Kompas.com/Muhammad Naufal)

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) ke sekolah negeri tahun pelajaran 2022/2023 yang dilakukan secara online sudah berakhir, baik tingkat SMA ataupun SMP.

Pengumuman kelulusan PPDB Jabar 2022 tahap ke-2 jalur zonasi di Provinsi Jawa Barat untuk SMA/SMK, sudah dilaksanakan pada tanggal 8 Juli 2022 pukul 14.00. Sedangkan untuk tingkat SMP diumumkan pada tanggal 12 Juli 2022 pukul 10.00

Sekolah negeri masih menjadi pilihan favorit bagi sebagian besar orangtua untuk melanjutkan pendidikan bagi anaknya. Sehingga jumlah pendaftar PPDB ke sekolah negeri selalu membludak.

Reaksi Siswa dan Orangtua Ketika Pengumuman Kelulusan PPDB

Ketika mengetahui hasil pengumuman kelulusan PPDB, ada rasa bahagia bagi orangtua dan siswa yang diterima serta ada rasa kecewa bagi yang tidak lulus. 

Ekspresi siswa ketika mengetahui dirinya tidak diterima di sekolah favoritnya yaitu ada yang sedih sampai menangis, tetapi ada juga yang pasrah menerima keputusan.

Beberapa orangtua ada yang tidak bisa menerima keputusan tersebut, dan langsung datang ke sekolah menemui panitia PPDB dan kepala sekolah. Tetapi setelah diberikan penjelasan tentang sistem penerimaan PPDB, akhirnya orangtua tersebut bisa menerima dengan lapang dada.

Kemarin saya kedatangan saudara yang mendaftar ke SMPN 2 Cibadak, tetapi anaknya tidak lulus. Beliau meminta tolong kepada saya apakah bisa membantu anaknya tersebut untuk tetap bisa diterima.

Saya menjawab bahwa tidak bisa membantu, karena kuota siswa sudah terpenuhi. Kemudian saya juga menjelaskan tentang sistem penerimaan zonasi yaitu hanya memperhatikan jarak dari rumah pendaftar ke SMP yang dituju.

Untuk tahun ini di sekolah kami menerima siswa dari jalur zonasi sebanyak 154 siswa dari 261 jumlah pendaftar, berarti ada 107 orang siswa SD yang tidak diterima.  

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan