Mohon tunggu...
Tati AjengSaidah
Tati AjengSaidah Mohon Tunggu... Guru - Guru di SMPN 2 Cibadak Kab. Sukabumi

Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Menyusuri Indahnya Pagi di Kawasan Renzo Edupark

29 Juni 2022   14:57 Diperbarui: 30 Juni 2022   07:33 454 54 17
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kawasan Renzo Edupark (sumber foto: dokumentasi pribadi)

Bagi masyarakat Cibadak dan sekitarnya, sudah tidak asing lagi dengan kawasan Renzo Edupark yang sebelumnya bernama Holcim Educational Forest. 

Lokasi kawasan ini berada di Kampung Tanjung Sari Desa Sekarwangi Kecamatan Cibadak Kabupaten Sukabumi. 

Tempat ini merupakan kawasan bekas pertambangan PT Holcim Indonesia Tbk yang sudah melakukan penggalian batu kuarsa sebagai bahan baku semen sejak tahun 1975 sampai dengan tahun 2010.

Walaupun izin usahanya tidak diperpanjang lagi, pihak manajemen Holcim bertanggung jawab dengan memiliki komitmen untuk memperbaiki lingkungan yang mengalami kerusakan akibat kegiatan pertambangan yang telah dilakukannya.

PT Holcim bekerja sama dengan Fakultas Kehutanan IPB dengan melakukan penghijauan sejak tahun 2010. Merupakan bagian dari tahap kegiatan pasca tambang yang harus dilakukan oleh sebuah perusahaan pertambangan. 

Menyusuri Kawasan Renzo Edupark

Setelah 15 hari saya mengikuti diklat pembekalan Calon Pengajar Praktik secara daring dari tanggal 6 Juni s.d 22 Juni 2022, membuat pikiran saya sumpek karena diklatnya berlangsung dari pagi sampai sore.

Bahkan malam harinya saya masih menyelesaikan tugas ataupun tagihan yang harus diunggah ke LMS, badanpun terasa lelah. Saatnya untuk mencari udara segar supaya pikiran bisa jernih kembali. 

Hari Minggu pagi tanggal 26 Juni 2022, saya bersama dengan adik dan keponakan janjian untuk jalan-jalan ke Kawasan Renzo Edupark atau sering disebut Holcim.

Lokasinya mudah dijangkau karena berada di pinggir jalan, kurang lebih jaraknya 2,5 Km dari pertigaan Cibadak dan akan terlewati oleh pengunjung yang akan menuju ke Pelabuhan Ratu.

Jarak dari tempat tinggal saya kurang lebih 1,5 Km, dengan naik angkot sekitar 5 menit juga sudah sampai ke tempat tujuan. Pukul 08.00 kami sudah berada di sana.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan