Mohon tunggu...
Tati AjengSaidah
Tati AjengSaidah Mohon Tunggu... Guru - Guru di SMPN 2 Cibadak Kab. Sukabumi

Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Mengasah Kemampuan Menulis Melalui Karya Puisi Kolaborasi untuk Menumbuhkan Budaya Literasi di Sekolah

14 November 2021   05:26 Diperbarui: 14 November 2021   07:06 713 74 18
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Tim GLS SMPN 2 Cibadak terdiri dari guru, siswa dan orang tua (dokumentasi pribadi)

Kegiatan literasi di sekolah kami merupakan pengembangan dari kegiatan ekstrakurikuler yang sebelumnya bernama "Komunitas Membaca" yang anggotanya terdiri dari siswa-siswa di bawah bimbingan guru Bahasa Indonesia yaitu Ibu Nina Sulistiati. Beliau juga merupakan seorang penulis di blog Kompasiana ini.

Mulai tahun kemarin karena sekolah Kami sedang mengikuti tantangan literasi tingkat Propinsi Jawa Barat, maka "Komunitas Membaca" berganti nama menjadi "Gareulis Snada" singkatan dari Gerakan Literasi Sekolah SMP Negeri Dua Cibadak.

Anggota Gareulis Snada ini terdiri dari Wakil Kepala Sekolah, beberapa orang guru, siswa-siswa kelas 8, komite Sekolah dan orang tua siswa yang peduli dan mendukung kegiatan literasi.  Saya pun termasuk salah satu guru yang aktif dalam komunitas ini.

Selama Pandemi KBM dilaksanakan secara daring dan kegiatan ekstrakurikuler ditiadakan untuk sementara, tetapi kegiatan literasi tetap berjalan baik secara daring ataupun mengadakan pertemuan rutin setiap bulan.  Karena yang aktif di kegiatan literasi adalah siswa kelas 8 dan saat ini sudah naik ke kelas 9, maka perlu dilakukan regenerasi agar kegiatan literasi bisa tetap berlanjut di tahun depan.

Untuk itu penanggung jawab literasi sekolah yaitu Ibu Nina Sulistiati telah melakukan perekrutan anggota baru dengan membuat grup whatsapp Gareulis Snada. Pada awalnya anggota di WAG berjumlah 200 orang, tetapi sekarang sudah mulai berkurang menjadi setengahnya.

Kemungkinan jumlahnya akan berkurang lagi dan yang akan bertahan adalah para siswa yang betul-betul suka dengan kegiatan literasi. Anggota grup ini selain siswa kelas 7 dan 8, masih ada tim GLS sebelumnya yaitu siswa kelas 9 serta beberapa orang guru dan orang tua siswa.

Kegiatan yang sudah dilaksanakan yaitu pelatihan membuat cerpen, bahkan ada 2 orang siswa yang sudah diikutsertakan dalam lomba membuat cerpen yang diselenggarakan oleh Perpustakaan daerah Kabupaten Sukabumi walaupun belum mendapatkan prestasi.  

Selain mengikuti lomba cerpen, dalam rangka bulan bahasa di bulan Oktober sekolah kami mengikuti lomba puisi dan pasanggiri Basa Sunda. Untuk tingkat Komisariat Cibadak, perwakilan siswa dari sekolah kami meraih juara 1 lomba mendongeng putera dan juara 1 lomba menulis carita pondok (carpon) putera.

Juara tingkat Komisariat selanjutnya mengikuti lomba tingkat Kabupaten, untuk lomba mendongeng mendapatkan juara ke-2 dan lomba menulis carpon mendapatkan juara harapan ke-1.

Puisi Kolaborasi untuk Mengasah Kemampuan Menulis

Kegiatan literasi dalam grup Gareulis Snada saat ini masih sering dilakukan secara daring, sehingga belum bisa dilakukan secara optimal. Kemampuan anggota baru dalam berliterasi belum bisa terlihat, karena baru beberapa siswa saja yang aktif.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan