Mohon tunggu...
Tati AjengSaidah
Tati AjengSaidah Mohon Tunggu... Guru di SMPN 2 Cibadak Kab. Sukabumi

Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi Artikel Utama

Membuat Pupuk Organik Cair dengan Menggunakan Bahan-bahan dari Lingkungan Sekitar

21 April 2021   06:25 Diperbarui: 22 April 2021   06:26 661 59 25 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Membuat Pupuk Organik Cair dengan Menggunakan Bahan-bahan dari Lingkungan Sekitar
Ilustrasi membuat pupuk organik atau kompos dari limbah (Shutterstock/Marina Lohrbach)

Salah satu perawatan yang dapat dilakukan agar tanaman bisa tumbuh dan berkembang dengan baik adalah dengan melakukan pemupukan. 

Tujuan pemupukan antara lain untuk memperbaiki kondisi tanah, meningkatkan kesuburan tanah, memberikan nutrisi untuk tanaman dan memperbaiki kualitas serta kuantitas tanaman.

Berbagai macam pupuk banyak dijual baik pupuk anorganik ataupun pupuk organik dengan harga yang bervariasi. 

Pupuk organik sebenarnya bisa dibuat sendiri dengan memanfaatkan bahan-bahan yang ada di lingkungan sekitar, salah satunya yang mudah dibuat adalah pupuk organik cair (POC).

Alat dan bahan yang digunakan untuk membuat POC ini mudah didapatkan dan proses pembuatannya juga sederhana. Bahan yang bisa digunakan yang pertama adalah rebung. 

Rebung sangat baik digunakan sebagai bahan untuk membuat POC karena mengandung vitamin A, vitamin B6, vitamin E dan kaya akan mineral yang baik bagi pertumbuhan tanaman. Rebung juga mengandung protein yang terdiri dari 17 asam amino esensial dan dua asam amono semi-esensial.

Manfaat POC dari rebung adalah untuk memperkuat batang tanaman serta merangsang pertumbuhan tanaman secara cepat karena memiliki kandungan C organik dan juga giberelin. Juga mengandung mikroorganisme berupa Azotobacter dan Azosprilium yang memiliki peran penting dalam membatu proses pertumbuhan tanaman.

Bahan kedua adalah kulit pisang. Kulit pisang mengandung potasium yang tinggi sehingga membantu dalam membentuk bunga yang lebih besar dan cerah. 

Kalium yang terkandung di dalam kulit merupakan salah satu unsur hara yang berfungsi untuk meningkatkan pembungaan dan juga menguatkan perakaran tanaman.

Pisang (Sumber: food.detik.com)
Pisang (Sumber: food.detik.com)
Kulit pisang juga mengandung magnesium dan fosfor yang berperan penting dalam perkembangan tanaman. Karena kandungan mineral tersebut kulit pisang sangat baik digunakan sebagai bahan pembuatan POC.

Bahan ketiga adalah bonggol pisang. Bonggol pisang mengandung hormon giberelin dan sitokinin yang dapat membantu proses pertumbuhan tanaman. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN