Mohon tunggu...
Tati AjengSaidah
Tati AjengSaidah Mohon Tunggu... Guru di SMPN 2 Cibadak Kab. Sukabumi

Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas Artikel Utama

Manfaat Mainan sebagai Media Belajar dan Meningkatkan Kreativitas Anak

27 Maret 2021   14:27 Diperbarui: 7 April 2021   17:17 931 62 21 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Manfaat Mainan sebagai Media Belajar dan Meningkatkan Kreativitas Anak
Meningkatkan kreativitas anak dengan bermain (Sumber: parents.com)

Masa kanak-kanak identik dengan dunia bermain yang bisa dilakukan bersama-sama dengan teman-teman sebayanya ataupun bermain sendiri menggunakan media yang bisa bermanfaat untuk meningkatkan kreativitas dan imajinasi anak.

Karena anak saya laki-laki, pada saat ananda berumur 2 sampai 5 tahun saya membelikan beberapa mainan antara lain bola-bola kecil yang berwarna-warni, mainan binatang, balok kreatif dan mobil-mobilan.

Dengan mainan-mainan ini ternyata banyak manfaatnya, orangtua bisa mengajarkan dan melatih beberapa hal kepada anak pada saat sedang bermain, antara lain:

Pertama adalah mengenalkan konsep warna. Ya, bola-bola kecil memiliki warna-warna yang menarik dan ini bisa dimanfaatkan untuk mengenalkan konsep warna sejak dini kepada anak. 

Caranya dengan menunjukkan bola dan menyebutkan warnanya secara berulang-ulang, dan ternyata anak bisa dengan cepat mengenal warna dengan baik.

Hal ini saya lakukan ketika ananda sudah mulai berbicara pada saat usianya masih di bawah 2 tahun, bolanya dimainkan dengan cara dilempar dan ditangkap. Setelah berumur 2 tahun ananda sudah bosan dengan permainan bola ini.

Kedua adalah mengenalkan nama-nama binatang. Di sini, orangtua tua bisa menyebutkan nama-nama mainan binatang yang ada dan bisa divariasikan dengan mendongeng supaya anak lebih tertarik.  

Mainan binatang (Dokumentasi pribadi)
Mainan binatang (Dokumentasi pribadi)
Ketiga adalah melatih kreativitas dan imajinasi anak melalui permainan balok kreatif. Mula-mulanya, anak diajarkan terlebih dulu cara menyusunnya, setelah itu biarkan anak berkreativitas sendiri untuk menyusun balok ini menjadi bermacam-macam bentuk sesuai dengan imajinasinya. Balok kreatif ini bisa disusun membentuk rumah, gedung bertingkat, mobil, helikopter, angka dan huruf.

Bagi anak kecil, bermain balok kreatif akan melatih motorik halusnya yaitu pada saat memegang dan menyusun balok tersebut. Bisa juga melatih kesabaran sehingga anak bisa belajar mengendalikan emosinya. Walaupun ananda merupakan anak tunggal, bila ada keinginannya yang tidak dipenuhi ananda tidak pernah menangis apalagi tantrum. 

Ketika akan membeli mainan bersama ananda, saya sudah menentukan jenis mainan yang akan dibeli sebelumnya sehingga pada saat di toko ananda akan fokus mencari mainan yang akan dibelinya.  

Permainan balok kreatif (Dokumentasi pribadi)
Permainan balok kreatif (Dokumentasi pribadi)
Melatih kreativitas dan imajinasi anak bukan hanya melalui mainan balok kreatif, bisa juga melalui mainan mobil-mobilan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x