Mohon tunggu...
Tati AjengSaidah
Tati AjengSaidah Mohon Tunggu... Guru di SMPN 2 Cibadak Kab. Sukabumi

Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Artikel Utama

Setahun Bersama Corona Menjadikan Guru Lebih Kreatif

5 Maret 2021   14:17 Diperbarui: 6 Maret 2021   09:01 475 69 19 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Setahun Bersama Corona Menjadikan Guru Lebih Kreatif
Ilustrasi belajar dari rumah. (DOK. SHUTTERSTOCK via kompas.com)

Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang dilaksanakan selama Pandemi COVID-19 sudah berjalan satu tahun, kendala-kendala yang dihadapi oleh siswa dan guru pada saat dimulainya PJJ sudah dapat diatasi sedikit-demi sedikit. 

Guru yang tadinya melakukan pembelajaran di sekolah, sekarang menjadi terbiasa dan sudah merasa nyaman melaksanakan aktivitas di rumah.

Walaupun lebih sering melakukan PJJ di rumah, kamipun di beri jadwal untuk datang ke sekolah yaitu pada saat melaksanakan piket mingguan dan mengumpulkan laporan PJJ yang telah dilaksanakan. 

Hal ini dilakukan sebagai bentuk pertanggungjawaban guru dalam melaksanakan tugas dan sebagai bentuk monitoring oleh Kepala Sekolah terhadap PJJ yang dilaksanakan. 

Setiap bulan sekali akan dilakukan evaluasi terhadap laporan yang telah dibuat oleh guru pada saat dilaksanakan rapat dinas setiap awal bulan. 

Bila ada kendala-kendala yang dihadapi oleh guru dan siswa dalam melaksanakan PJJ, maka akan dicarikan solusinya bersama oleh guru dan Kepala Sekolah ataupun saling tukar pengalaman antara guru yang satu dengan yang lainnya.

Di sela-sela kegiatan PJJ yang dilakukan, ada beberapa kegiatan yang dilakukan oleh guru-guru untuk mengatasi kejenuhan. Kegiatan yang dilakukan oleh beberapa orang guru diantaranya, pertama membuat video pembelajaran. 

Salah satu media yang digunakan selama PJJ yaitu video pembelajaran, yang dibutuhkan agar siswa bisa lebih memahami materi yang sedang dibahas. 

Pada saat PJJ banyak guru-guru yang membuat video pembelajaran sendiri menggunakan aplikasi tertentu, dan videonya diunggah ke youtobe. 

Di WAG Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) sering guru-guru mengirimkan link video pembelajaran yang telah dibuatnya, sehingga bisa bermanfaat bagi guru dari sekolah lain yang belum bisa membuat video pembelajaran sendiri.

Kedua adalah mengikuti bermacam-macam pelatihan online. Pada saat Pandemi ini banyak sekali pelatihan online yang diselenggarakan oleh Kemendikbud ataupun pihak-pihak lainnya, yang menguntungkan bagi guru dalam upaya untuk meningkatkan kompetensi dan mengembangkan keprofesionalan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN