Mohon tunggu...
Tati AjengSaidah
Tati AjengSaidah Mohon Tunggu... Guru - Guru di SMPN 2 Cibadak Kab. Sukabumi

Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Refleksi Pembelajaran Daring

4 Desember 2020   05:16 Diperbarui: 28 April 2021   09:56 3442
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pembelajaran daring. | pexels

Setiap selesai mengajar, maka bagian penutupnya adalah melakukan refleksi pembelajaran. Refleksi pembelajaran dilakukan untuk melihat kelemahan dan kelebihan dari pembelajaran yang telah dilakukan sehingga dapat melakukan perbaikan pada pembelajaran selanjutnya. Refleksi pembelajaran ini dilakukan bersama-sama oleh guru dan siswa.

Pada semester ini pembelajaran dilakukan secara daring tentu saja dirasakan sebagai sesuatu yang baru bagi guru dan siswa sehingga banyak kendala yang dihadapi. 

Pembelajaran daring di semester 1 tahun pelajaran 2020/2021 dilakukan selama 18 minggu mulai dari tanggal 27 Juli 2020 sampai tanggal 28 November 2020. 

Pada pembelajaran yang dilakukan pada tanggal 21 November 2020 selain memberikan materi dan tugas, saya meminta siswa mengisi pertanyaan saya yang sudah dibuat di google forms tentang kendala pembelajaran yang dialami oleh siswa dan bagaimana cara mengatasi kendala pembelajaran daring. Hasil jawaban siswa saya buat menjadi artikel yang berjudul "Upaya Mengatasi Pembelajaran Daring". 

Pada Pertemuan KBM terakhir tanggal 28 November 2020 saya melakukan refleksi pembelajaran daring ini dengan memberikan dua tugas kepada siswa yaitu : 

1) Membaca artikel yang telah saya tulis di kompasiana yang berjudul "Upaya menghadapi kendala pembelajaran daring", 

2) Meminta siswa untuk memberi tanggapan ataupun komentar tentang isi artikel tersebut, memberi kesan tentang  pembelajaran daring IPA yang telah mereka ikuti ataupun kesan secara umum tentang pembelajaran daring yang yang diselenggarakan oleh sekolah, serta menuliskan  harapan mereka pada pembelajaran di semester 2 yang akan datang.

Saya memberikan tugas ini agar siswa senang membaca dan belajar untuk berani memberikan mengeluarkan pendapat. Dari 210 orang siswa yang mengikuti pembelajaran IPA hanya sekitar 20% yang memberikan pendapat tetapi sudah mewakili dari semua siswa dan ada perwakilan dari tiap kelas yang saya ajar. 

Pendapat mereka sangat beragam, berikut adalah beberapa tanggapan dari siswa terhadap pembelajaran daring dan saya tidak akan menyebutkan nama siswanya. Pendapat siswa yang saya edit hanya tentang penulisannya saja karena menggunakan bahasa sendiri sehingga ada ejaan ataupun kata tidak baku yang digunakannya, sedangkan konten isi pendapat dari mereka tidak saya ubah supaya tidak berubah maknanya.

Berikut adalah beberapa pendapat dari siswa tentang pembelajaran daring yang telah dilakukan pada semester 1:

pendapat pertama : "Kesan yang didapat selama belajar daring apapun mata pelajarannya, saya sering tidak mengerti materi yang disampaikan dan pada akhirnya sering terlambat mengumpulkan tugas, sehingga sering meminta bantuan teman. Harapan saya selanjutnya semoga semester 2 kita bisa belajar tatap muka, agar saya lebih mengerti materi yang diajarkan tentunya".

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun