Mohon tunggu...
Eta Rahayu
Eta Rahayu Mohon Tunggu... Lainnya - Urban Planner | Pemerhati Kota | Content Writer | www.etarahayu.com

Hidup tidak membiarkan satu orangpun lolos untuk cuma jadi penonton. #dee #petir E. etha_tata@yahoo.com

Selanjutnya

Tutup

Trip

Dari Batam dan Bintan, Sampai Luwuk dan Banggai Laut

10 November 2018   20:30 Diperbarui: 24 November 2018   09:38 339
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Engku Putri. Alun alun terkenal di Kota Batam. (Dok. Pribadi)

Traveling-- it leaves you speechless, then turn you into story teller.

~ Ibn Battuta, The Travel of Ibn Battutah

Dari banyak hal yang bisa saya syukuri, saya selalu besyukur karena bisa jelajah Indonesia. Dari satu kota ke kota lain. Dari pulau satu ke pulau yang lain. Indonesia sungguh sangat indah. Saya selalu kehilangan banyak kata saat mengunjungi setiap sudutnya.

Kini, setidaknya sudah 60-an kota kabupaten di Indonesia yang pernah saya kunjungi. Batam dan Bintan di ujung barat, Luwuk dan Banggai Laut di bagian timur. And for me, traveling was always been magical.
--


Saya ingat, awal tahun 2017 saya mengunjungi Bintan. Dan karena pesawat yang saya tumpangi landed di Hang Nadim Airport, saya pastikan untuk mengitari Batam. Kota yang hanya berjarak 1 jam dari Singapore.

Satu hal yang saya yakini. Batam bukan hanya surga belanja.

Jembatan Barelang yang dibangun dengan kokoh ini menjadi ikon wisata Kota Batam. (dok. pribadi)
Jembatan Barelang yang dibangun dengan kokoh ini menjadi ikon wisata Kota Batam. (dok. pribadi)
Batam menawarkan tempat wisata alam yang cantik. Selain jembatan Barelang dan Engku Putri yang jadi ikon Kota Batam, pantai-pantainya juga seru untuk di-eksplore. Salah satunya tak jauh dari bandara, kampung Tua Bakau Serip. Di kampung nelayan ini, wisatawan bisa menikmati alam. Pasir putih, skyline Singapore, dan jajaran gazebo instagramable. That was interesting. :)

Pasir putih, bakau, skyline Singapore, pertunjukan seni, we got everything. (Dok. Pribadi)
Pasir putih, bakau, skyline Singapore, pertunjukan seni, we got everything. (Dok. Pribadi)
--
Lepas menikmati Kota Batam, saya bertolak ke Bintan.
Kala itu, libur tahun baru sudah selesai. Saya memilih waktu setelahnya. Tanggal 7 Januari. Selain karena saya tidak libur di saat kebanyakan orang libur (baca: tahun baru), juga karena saya tak nyaman libur saat tempat wisata penuh sesak.

Bintan, wisata Indonesia satu ini sangat terkenal hingga negeri tetangga. Bintan tersohor karena Treasure Bay. Kolam renang terbesar se Asia Tenggara, katanya. Treasure bay menjadi andalan yang saya yakin tak akan pernah sepi pengunjung. Terutama saat libur tahun baru.

Dan benar saja, sesaat setelah saya lolos dari pintu ticketing, saya masih menemui banyak orang yang berlibur. Dan saya dibuat kagum. Bukan karena banyaknya pengunjung. Tapi karena saya belum pernah menemui kolam renang buatan sebesar itu. Sangat besar. Saking besarnya, berjalan dari ujung ke ujung ternyata cukup melelahkan. And i was done for it. LOL. Untungnya terbayar dengan biru air yang mempesona. And i love it, personally.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun