Mohon tunggu...
Tata Gading J
Tata Gading J Mohon Tunggu... Lainnya - learner

you can't control what happens to you but you can control how you respond, what you learn, and who you become because of it.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pembuatan Batik Tulis sebagai Produk UMKM Inovatif di Desa Panggungrejo

21 Juli 2021   18:00 Diperbarui: 21 Juli 2021   18:20 158
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

UMKM Desa mempunyai peran cukup strategis pada pembangunan ekonomi dalam skala nasional. Selain di perkotaan, UMKM desa juga dipandang mempunyai prospek yang bagus di masa mendatang. Bahkan, pemerintah pun selalu mendorong UMKM di ranah pedesaan untuk bisa maju dan bersaing dengan jenis usaha lain dalamkacah internasional.

UMKM yang dijalankan di pedesaan dapat menjadi solusi yang efektif dalam permasalahan ekonomi pada kelas kecil sampai menengah. Tak hanya itu saja, UMKM di desa juga mampu mengurangi pengangguran dengan membuka lapangan pekerjaan yang baru.

Oleh karenanya, untuk mewujudkan salah satu program kerja tersebut (membuat UMKM inovatif) di Desa Panggungrejo, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang, mahasiswa-mahasiswa KKN UM 2021 mengunjungi lokasi tempat UMKM Batik yang terletak di Desa Panggungrejo pada tanggal 18 Juli 2021.

Dokpri
Dokpri

Bersama Ibu Dewi, mahasiswa KKN UM2021 membuat batik tulis dengan sangat antusias. Inovasi batik tulis merupakan inovasi yang baik untuk diimplementasikan dan dihasilkan sebagai produk UMKM yang menarik.

Untuk cara pembuatan Batik Tulis, mahasiswa KKN UM 2021 memulai dengan membentuk ragam pola batik yang indah di atas kain prismi. Kemudian dilanjut dengan proses pembuatan batik yang menggunakan alat canting kemudian digoreskan di atas kain membentuk ragam pola batik yang telah dibuat sebelumnya.

Harapan dari kami mahasiswa KKN UM 2021 dengan adanya proker membuat UMKM Inovatif adalah dapat memberikan inovasi serta motivasi bagi masyarakat di Desa Panggungrejo untuk lebih maju dan semangat dalam menghasilkan produk-produk UMKM yang berpotensi. Sehingga nantinya, perekonomian masyarakat di Desa Panggungrejo pun dapat lebih maju.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun