Mohon tunggu...
Tata Gading J
Tata Gading J Mohon Tunggu... Lainnya - learner

you can't control what happens to you but you can control how you respond, what you learn, and who you become because of it.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pengembangan Sosial Media untuk Mengekspos Potensi Desa Panggungrejo

21 Juli 2021   06:53 Diperbarui: 21 Juli 2021   07:02 85
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dok. pribadi, IG desa.panggungrejo.kepanjen

Di era digital ini, kehidupan manusia tak lepas dari sosial media untuk mengekspos aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, Tim KKN UM Desa Panggungrejo menghadirkan program kerja berupa pengembangan sosial media untuk mengekspose potensi yang dimiliki oleh Desa Panggungrejo dengan tujuan untuk memperkenalkan kepada khalayak umum bahwa Desa Panggungrejo mempunyai berbagai potensi yang patut untuk dikembangkan, selain itu juga sebagai eksistensi desa untuk berkolaborasi dengan pihak-pihak yang bisa diajak untuk bekerja sama. Sosial media yang dikembangkan oleh Tim KKN UM 2021 yaitu akun sosial media youtube, instagram, dan Tiktok. 

Dok. pribadi, IG desa.panggungrejo.kepanjen
Dok. pribadi, IG desa.panggungrejo.kepanjen

Salah satu akun sosial media yang dikembangkan oleh TIM KKN UM adalah akun instagram. Feeds pada instagram diisi dengan konten mengenai potensi desa, UMKM, Sekolah dasar, dan rumah sakit yang ada di Desa Panggungrejo. Konten ini bertujuan untuk memberitahukan potensi desa maupun tempat-tempat penting kepada masyarakat pribumi maupun wisatawan yang akan mengunjungi Desa Panggungrejo. Selain itu, melalui akun instagram ini juga bisa memasarkan produk-produk dari UMKM yang ada di Desa Panggungrejo seperti UMKM Jamu 'Fawwazah" dan UMKM Batik tulis tegaron. 

Dok. pribadi, IG desa.panggungrejo.kepanjen
Dok. pribadi, IG desa.panggungrejo.kepanjen

TIM KKN UM juga mengembangkan akun Tiktok Desa Panggungrejo yaitu sebagai bentuk video dokumentasi kegiatan desa yang berdurasi 1-3 menit. Konten tiktok desa berisi kegiatan yang dilakukan oleh warga desa maupun TIM KKN UM seperti penyemprotan disinfektan untuk memutus rantai penyebaran covid-19, lalu video tentang potensi desa dan keindahan alam yang dimiliki oleh desa, serta kerja bakti untuk penghijauan taman baca masyarakat. 

Yang terakhir, TIM KKN UM Desa Panggungrejo juga mengembangkan akun Youtube Desa dan mengisi dengan konten-konten yang bermanfaat tentunya seperti Video profil desa panggungrejo dan Video dari TIM KKN UM yaitu Video pengolahan sampah organik. Konten youtube tersebut bertujuan untuk mengekspose kegiatan dalam bentuk video dari Desa Panggungrejo sendiri. 

Penulis : Maulidya Maghfiro 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun