Mohon tunggu...
Tasha Rifanti
Tasha Rifanti Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa S1 Teknik Lingkungan Universitas Diponegoro

Hai! Semoga Bermanfaat

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi Pilihan

Yuk Terapkan 3R dan Membuat Pupuk Sampah Organik dengan Mudah!

4 Agustus 2021   07:30 Diperbarui: 4 Agustus 2021   07:40 79 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Yuk Terapkan 3R dan Membuat Pupuk Sampah Organik dengan Mudah!
Materi reduce (dokpri)

Bandung Barat, Sabtu (24/07/2021), Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Universitas Diponegoro Desa Cililin melaksanakan kegiatan sosialisasi peningkatan kepedulian terhadap lingkungan dengan menerapkan prinsip 3R

Kegiatan bertujuan untuk menumbuhkan kesdaran remaja di desa Cililin terhadap kepedulian lingkungan dengan menerapkan 3R (Reduce, Reuse, dan Recycle).

Sampah merupakan salah satu permasalahan yang tidak ada habisnya dan dialami oleh seluruh daerah di Indonesia. Seolah-olah tidak ada penyelesaian dari permasalahan sampah yang selalu mencemari lingkungan. 

Sampah sering kali diabaikan oleh masyarakat sehingga menimbulkan masalah yang tentu nya dapat merugikan bagi manusia dan lingkungan. 

Sampah sering diabaikan dan pengelolaannya dianggap merupakan tanggung jawab penuh oleh pemerintah, padahal masyarakat mempunyai peran yang sangat penting dalam pengelolaan sampah khusunya tindakan untuk mengurangi timbulan sampah.

Dari hasil survey terhadap remaja di desa Cililin, hanya sebagian yang sudah mulai menerapkan 3R. Untuk itu, perlu diberikan edukasi bagaimana cara mengelola sampah secara mandiri, salah satunya dengan menerapkan prinsip 3R (Reduce, Reuse, dan Recycle).

Berdasarkan hal tersebut, Tasha Rifanti Assyura (21) sebagai salah satu mahasiswa Universitas Diponegoro yang melaksanakan KKN di desa Cililin mengadakan program sosialisasi kepada remaja desa Cililin terkait penerapan prinsip 3R (Reduce, Reuse, dan Recycle). 

Kegiatan yang dilakukan berupa pemaparan definisi 3R, bagaimana untuk memulai menerapkan 3R, apa saja contoh penerapan nya kemudian berdiskusi dengan para remaja apa saja tindakan 3R yang sudah mereka terapkan serta diskusi tentang isu-isu lingkungan.

materi reuse (dokpri)
materi reuse (dokpri)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x