Mohon tunggu...
Tasha AdindaDwi
Tasha AdindaDwi Mohon Tunggu... Editor - Mahasiswa

HAI

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Analisis Teori Efek Media Uses and Gratification di Tayangan Kemenangan BTS di Ajang Penghargaan AMAs 2021

9 Desember 2021   15:10 Diperbarui: 9 Desember 2021   15:46 289
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Berdasarkan berita pada tayangan youtube dan web detik.com didapatkan informasi bahwa boy group yang berasal dari Korea Selatan yang bernama BTS mendapatkan kemenangan mereka pada Ajang penghargaan American Music Awards (AMAs) 2021 pada Minggu, (21/11) pukul 20.00 waktu setempat. Dan disiarkan langsung melalui ABC dari Microsoft Theater Los Angeles, Amerika Serikat. Grup K-Pop BTS berhasil keluar sebagai pemenang kategori Artist of The Year, mengalahkan Ariana Grande, Drake, Olivia Rodrigo, Taylor Swift, dan The Weeknd. Selain itu, mereka juga memenangkan kategori Favorite Pop Duo or Group dan Favorite Pop Song. 

Leader BTS juga mengungkapkan "Saya benar-benar lupa apa yang ingin saya katakan. Terima kasih AMAs, kami merasa terhormat di atas panggung ini. Empat tahun lalu, kami untuk pertama kali tampil di atas panggung. Kami sangat deg-degan kala itu. Tak ada yang pernah menyangka kami akan menerima penghargaan ini, kecuali kalian ARMY. 

Mendapatkan cinta dan dukungan dari ARMY di seluruh dunia. Kami benar-benar tidak pernah menyia-nyiakan hal itu, ARMY. Kami yakin penghargaan ini jadi awal mula chapter baru kami. Dalam beberapa tahun terakhir, kami belajar bahwa setiap momen berharga. Jadi di 2022, kami akan fokus pada....," kata Jungkook yang tak bisa menyelesaikan kalimatnya karena bahagia. "Terima kasih banyak sudah empat tahun (mendapatkan piala AMAs), ini sangat berarti bagi kami karena kami merupakan boy band kecil dari Korea yang bersatu karena cinta dan musik," kata RM BTS di AMAs 2021. Sebarkan cinta dan good vibes. Terima kasih banyak," tutup RM leader BTS. 

Boyband BTS juga mendapatkan ucapan selamat khusus dari Presiden Korea Selatan Moon Jae-in atas gelar Artist of the Year yang diraih grup tersebut di American Music Awards (AMAs) 2021.Kemenangan BTS dalam ajang fan vote terbesar tersebut menjadi sejarah baru karena pelantun Butter itu merupakan musisi Asia pertama yang meraih gelar tertinggi di AMAs."Saya ingin mengucapkan selamat dan terima kasih kepada BTS karena telah memenangkan penghargaan utama AMAs," kata Moon Jae-in dalam pernyataannya di media sosial, pada Selasa tanggal 23 november 2021.

GETTY IMAGES
GETTY IMAGES

Setelah BTS berhasil membawa 3 piala diajang American Music Awards, maka saham dari perusahaan yang menaungi Boy Group ini melejit tinggi. Adanya kenaikan ini dilihat dari data saham perusahaan BigHit yang awalnya pada tangga 22 november 2021 berada di angka 389.500 dan melejit pada angka 392.500 pada tanggal 23 november 2021. Dengan adanya kenaikan pada saham ini membuat nama perusahaan BigHit korea menjadi melambung tinggi dan kini nama BTS juga sudah dikenal oleh seluruh dunia. Laba dari perusahaan juga meningkat hingga 64% dari tahun kemarin dari hasil penjualan album merch hingga penyangan iklan yang dibintangin langsung oleh artis BTS. 

Teori Penggunaan dan Pemenuhan Kebutuhan (Uses and Gratification Theory) adalah salah satu teori komunikasi dimana titik-berat penelitian dilakukan pada pemirsa sebagai penentu pemilihan pesan dan media. Pemirsa dilihat sebagai individu aktif dan memiliki tujuan, mereka bertanggung jawab dalam pemilihan media yang akan mereka gunakan untuk memenuhi kebutuhan mereka dan individu ini tahu kebutuhan mereka dan bagaimana memenuhinya. 

Media dianggap hanya menjadi salah satu cara pemenuhan kebutuhan dan individu bisa jadi menggunakan media untuk memenuhi kebutuhan mereka, atau tidak menggunakan media dan memilih cara lain. Teori Penggunaan dan Pemenuhan Kebutuhan menggunakan pendekatan ini berfokus terhadap audiens member. Dimana teori ini mencoba menjelaskan tentang bagaimana audiens memilih media yang mereka inginkan. 

Dimana mereka merupakan audiens / khalayak yang secara aktif memilih dan memiliki kebutuhan dan keinginan yang berbeda – beda di dalam mengkonsumsi media. Pendekatan ini secara kontras membandingkan efek dari media dan bukan ‘apa yang media lakukan pada pemirsanya’ (kritik akan teori jarum hipodermik, dimana pemirsa merupakan objek pasif yang hanya menerima apa yang diberi media. Sebagaimana yang diketahui, bahwa kebutuhan manusia yang memiliki motif yang berbeda – beda. Dengan kata lain, setiap orang memiliki latar belakang, pengalaman, dan lingkungan yang berbeda. Perbedaan ini, tentunya berpengaruh pula kepada pemilihan konsumsi akan sebuah media.

 Pada tayangan diatas jika dianalisis dengan teori efek media jenis uses and gartification didapatkan kesimpulan bahwa tayangan dan berita informasi ini diakses oleh penggemar BoyBand asal Korea Selatan bernama BTS. Pada teori ini dijelaskan bahwa banyak orang dengan latar belakang berbeda memiliki kesukaan tersendiri dan memiliki kebebasan untuk memilih media yang mereka inginkan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun