Mohon tunggu...
Taschiyatul Hikmiyah
Taschiyatul Hikmiyah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam

Jadilah kamu dengan versi terbaik dari dirimu sendiri dan bermanfaat bagi orang lain.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

"Secretary Bird" Pemangsa Anggun Asal Afrika

14 September 2021   07:55 Diperbarui: 14 September 2021   08:00 123 10 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
"Secretary Bird" Pemangsa Anggun Asal Afrika
Gambar kecantikan Paras Burung Sekretaris (Sumber: Wikipedia.org) 

Di Bumi ini, spesies burung semakin berkurang karena punah. Lebih tepatnya adalah karena perburuan yang dilakukan oleh manusia

Hal ini membuat populasi burung semakin berkurang. Terutama burung yang memiliki keunikan seperti burung sekretaris ini.

Burung ini memang sudah sangat populer di berbagai negara. Terutama di negara asalnya yaitu Afrika.

Keunikan burung inilah yang membuat banyak orang terpikat. Jika dilihat secara sekilas memang hanya sekedar burung.

Namun jika dilihat secara detail, maka akan terlihat perbedaannya yaitu burung ini menyerupai sekretaris. Lebih tepatnya seperti sosok sekertaris pada zaman dahulu.

Secretary Bird atau Burung Sekretaris, memiliki nama ilmiah: Sagitarius serpentarius adalah sejenis burung pemangsa berukuran besar yang hidup endemik dari Afrika, dan sering dijumpai di padang rumput terbuka dan savanah di wilayah sub-Sahara Afrika. Disebut burung sekretaris karena dia memiliki seberkas bulu ditengkuk yang menyerupai sekretaris pada zaman kuno yang menyelipkan pensil ditelinga mereka.

Sementara itu fakta lain menyatakan bahwasannya burung ini merupakan predator pemangsa ular, disisi lain memiliki nama dan juga fisik yang begitu cantik, burung ini memiliki latar belakang yang menyeramkan. Tak heran sehingga diberi julukan burung pemangsa yang anggun.

Burung Sekretaris biasanya membunuh ular dengan menendangnya dengan kuat karena burung sekretaris memiliki kaki panjang dan kuat. Jika tidak bisa membunuh ular di tanah, burung sekretaris akan membawa ular ke udara dan melemparkannya ke batu. 

Burung Sekretaris/Secretary menjadi lambang Negara Afrika Selatan memiliki kaki yang panjang untuk berlari, karena itulah Burung Sekretaris di klasifikasikan sebagai dalam family yang berbeda dengan burung pemangsa lainnya yaitu Sagitari Dae.

Ilustrasi Secretary Bird Saat Hendak Memangsa Seekor Ular (Sumber: bbc.com)
Ilustrasi Secretary Bird Saat Hendak Memangsa Seekor Ular (Sumber: bbc.com)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan