Mohon tunggu...
Taslim Buldani
Taslim Buldani Mohon Tunggu... Administrasi - Pustakawan di Hiswara Bunjamin Tandjung

Riang Gembira Penuh Suka Cita

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Melakoni Gaya Hidup Digital bersama Jaringan PRIMA

21 Juli 2019   06:40 Diperbarui: 21 Juli 2019   06:48 246
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pesatnya perkembangan teknologi digital memberikan manfaat yang luar biasa bagi kehidupan manusia. Masifnya penggunaan teknologi digital dalam kehidupan sehari-hari, telah mendorong masyarakat melakoni gaya hidup baru: Gaya Hidup Digital. 

Melakoni gaya hidup digital itu menyenangkan. Banyak hal dapat dilakukan dengan lebih praktis, efisien, transparan dan aman.

Satu hal yang menyenangkan dari gaya hidup digital adalah kemudahan dalam melakukan transaksi. Selama masih dalam dukungan jaringan internet yang memadai, berbagai transaksi bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. 

Misalnya saja kepingin makan martabak tapi malas keluar rumah. Maka tinggal ambil hand phone, buka aplikasi pesan-antar makanan, pilih menu martabak kesukaan, pilih cara pembayaran, lalu duduk manis menunggu pesanan sambil selonjoran. Tak butuh waktu lama, martabak kegemaran meluncur ke kediaman.

Dengan cara ini pembeli dapat menghemat waktu, hemat tenaga, hemat biaya, tak butuh banyak cara, dan dijamin aman karena proses pengiriman bisa dipantau secara online. Menyenangkan bukan?

Perubahan perilaku masyarakat yang dipengaruhi oleh teknologi digital mendorong terbentuknya ekosistem digital. Aktivitas seluruh anggota ekosistem saling terhubung secara digital.

Dukungan Jaringan PRIMA

Teknologi sistem pembayaran merupakan salah satu kunci penting dalam ekosistem digital. Tanpa sistem pembayaran yang memadai, efektifitas transaksi online antar anggota ekosistem digital mustahil terwujud.

Oleh karenanya eksistensi lembaga switching dalam ekosistem digital adalah vital. Kesuksesan transaksi pembayaran melalui kanal ATM, mesin EDC, Internet Banking, Mobile Banking, SMS Banking, e-money, dan e-wallet tak bisa dilepaskan dari peran lembaga switching.

Switching adalah infrastruktur yang berfungsi sebagai pusat dan/atau penghubung penerusan data transaksi pembayaran melalui jaringan yang menggunakan alat pembayaran dengan menggunakan kartu, uang elektronik, dan/atau transfer dana (PBI Nomor 18/40/PBI/2016). 

Logo Jaringan PRIMA (Foto: jaringanprima.co.id)
Logo Jaringan PRIMA (Foto: jaringanprima.co.id)
PT Rintis Sejahtera (RINTIS) merupakan perusahaan switching yang layanannya dikenal dengan Jaringan PRIMA. Berdiri sejak tahun 1991, Jaringan PRIMA memiliki layanan Prima ATM, Prima Debit, Prima Payment Solution, Transaksi Internasional, dan Top-Up Uang Elektronik. 

Bagaimana Jaringan PRIMA mendukung saya dalam melakoni gaya hidup digital? Begini ceritanya.

PRIMA ATM

Memiliki rekening bank adalah kunci untuk menikmati gaya hidup digital secara maksimal. Transaksi keuangan seperti transfer, penarikan uang dan pembayaran bisa dilakukan dengan mudah melalui berbagai kanal. Salah satunya melalui mesin ATM.

Saya dulu memiliki dua rekening masing-masing di Bank A dan Bank B. Rekening Bank A digunakan untuk menampung gaji bulanan, sedangkan Bank B untuk menabung.

Sayangnya Bank B, sebuah bank BUMN, belum bergabung dengan Jaringan PRIMA layaknya Bank A. Alhasil setiap menabung di Bank B saya harus antri di kasir setelah terlebih dahulu menarik uang di ATM Bank A. Banyak waktu terbuang percuma.

Untungnya setelah medio 2013, Bank B bergabung dengan Jaringan PRIMA. Menabung akhirnya bisa dilakukan dengan cara transfer dari ATM Bank A selama 24 jam non-stop. Praktis dan efisien.

Saat ini terdapat lebih dari 80 bank yang menjadi mitra Jaringan PRIMA dengan dukungan lebih dari 120 ribu ATM. Bergabungnya bank-bank dalam satu jaringan yang sama tentu memudahkan nasabah dalam melakukan transfer, tarik tunai, dan cek saldo.

PRIMA Debit

Hal yang saya syukuri dari hadirnya teknologi digital adalah dapat melakukan transaksi secara adil. Berapapun nominal harga yang tertera di mesin kasir, saya dapat melakukan pembayaran dengan sepadan. Tak kurang 1 rupiah pun.

Pembayaran Adil dengan Kartu Debit (Foto: Dokpri)
Pembayaran Adil dengan Kartu Debit (Foto: Dokpri)
Beberapa waktu lalu saya mengisi BBM di sebuah SPBU. Harga yang tertera dalam struk tagihan tertulis Rp362.235. Jika menggunakan uang tunai saya tidak mungkin bisa membayarnya secara pas. Jikapun saya bayar lebih, kasir juga tidak bisa memberikan uang kembalian yang sesuai. Sama-sama repot.

Saya masih ingat ketika pada suatu masa kasir swalayan mengganti uang kembalian receh dengan permen. Sebagai konsumen saya sesungguhnya merasa tidak ikhlas dan merasa diperlakukan tidak adil. 

Praktik semacam itu kini tak ada lagi. Menggunakan kartu debit dan mesin EDC, pembayaran bisa dilakukan dengan nilai yang sama persis sebagaimana tertera di mesin kasir.

Saat ini setidaknya ada 14 bank yang bertindak sebagai acquirer layanan Prima Debit. Dengan dukungan 1,2 juta mesin EDC yang tersebar di merchant di seluruh Indonesia proses pembayaran jadi lebih mudah, adil dan menentramkan.

PRIMA Payment Solution

Tak hanya bank, entitas usaha lain dengan latar belakang bisnis yang beragam juga bergabung dengan Jaringan Prima sebagai biller. Melalui layanan PRIMA Payment Solution nasabah mitra bank Jaringan PRIMA dapat melakukan pembayaran online melalui berbagai kanal.

Kanal-kanal yang bisa digunakan dalam layanan PRIMA Payment Solution adalah ATM, Internet Banking, Mobile Banking, SMS Banking, Teller, dan Payment Point Online Bank (PPOB) yang telah terhubung dengan Jaringan PRIMA.

Ada banyak contoh mengenai bagaimana PRIMA Payment Solution membantu saya dalam melakoni gaya hidup digital. Pada kesempatan ini saya ingin menceritakan 3 contoh diantaranya.

Internet

Internet adalah kebutuhan dasar untuk melakoni gaya hidup digital. Internet bisa dijadikan sebagai sarana edukasi, informasi, sosialisasi, rekreasi, dan juga mencari uang.

Dengan alasan itulah saya memutuskan berlangganan paket layanan internet di rumah. Seluruh anggota keluarga memanfaatkan fungsi internet semaksimal mungkin sesuai kebutuhan anggota keluarga.

Laptop, hand phone, console game, dan pesawat televisi adalah seperangkat alat yang biasa kami gunakan untuk mengakses dan menikmati internet.

Kabar baiknya, operator internet yang saya langgan adalah salah satu dari 9 operator internet dan TV berbayar yang bergabung dengan Jaringan PRIMA. Proses pembayaran tagihan bulanan pun jadi lebih mudah. 

Alhasil layanan internet dirumah tak pernah putus karena tagihan selalu dibayar tepat waktu.

Ride Hailing

Ride Hiling, atau jasa transportasi panggilan berbasis aplikasi, sudah menjadi bagian dari gaya hidup digital. Kepraktisan dan harga yang transparan membuat masyarakat nyaman menggunakannya.

Proses pemesanan bisa dilakukan lewat gawai tanpa harus datang ke pangkalan, terminal atau menyetop mobil di jalan. Selanjutnya informasi detail tentang pengemudi, rute yang akan dilewati, dan total ongkos yang harus dikeluarkan didapatkan penumpang sebelum melakukan perjalanan. 

Tak terbatas pada sarana transportasi, perusahaan penyedia jasa transportasi khusus ini juga memiliki layanan pesan-antar makanan, jasa kiriman barang, jasa bersih-bersih, jasa bengkel, dll. Proses pembayarannya pun mudah karena bisa menggunakan dompet elektronik (e-wallet).

Saat ini dua platform ride hailing yakni GO-Jek dan Grab, telah didukung oleh layanan e-wallet sebagai alat pembayaran. GO-Jek menjalankan GO-Pay dan Grab didukung OVO.

Memiliki e-wallet adalah pilihan terbaik bagi pengguna jasa ride hailing. Selain praktis, penyelenggara e-wallet kerap menawarkan program promo menarik.

Pemilik Go-Pay dan Ovo bisa melakukan pengisian atau top-up saldo dengan mudah karena keduanya sudah bergabung dengan Jaringan PRIMA. Nasabah bank mitra Jaringan PRIMA dapat melakukannya melalui transfer ke virtual account melalui kanal-kanal yang tersedia.

Belanja Online 

Belanja online adalah salah satu anugrah terindah dari hadirnya teknologi digital. Platform marketplace bermunculan sebagai tempat alternatif masyarakat untuk membeli barang atau jasa.

Melalui marketplace, transaksi jual-beli bisa dilakukan secara online tanpa harus bertemu muka.  Cara ini membuat pembeli lebih leluasa dalam membandingkan merek, jenis barang, juga harga. 

Jika menemukan barang yang cocok, tinggal check out dan lakukan pembayaran. Barang pun siap diantar.

Berdasarkan pengalaman, melakukan pembelian di marketplace yang sudah bergabung dengan Jaringan PRIMA, proses verifikasinya berlangsung secara otomatis. Ketika pembayaran selesai dilakukan, platform marketplace secara otomatis memperbaharui status pembayaran.

Sebaliknya jika belum bergabung, proses verifikasi biasanya dilakukan secara manual. Salah satu caranya adalah dengan menambahan kode unik pada nominal transfer dan catatan lain. 

Misal total tagihan Rp100.000 dan kode unik 045, total dana yang ditransfer sebesar Rp100.045. Notifikasi berupa kode transaksi juga harus dimasukkan dalam kolom berita pada saat transfer. 

Merujuk pada laman resmi Jaringan Prima , platform market place Elevenia, iLotte, Oriflame, dan Tokopedia adalah beberapa marketplace yang sudah bergabung dengan Jaringan PRIMA.

Top-Up Uang Elektronik

Uang elektronik (E-manoey) adalah cara lain untuk melakukan pembayaran di era digital. Selain mudah dan cepat, penggunaan e-money adalah cara lain untuk terhindar dari uang palsu. 

Penggunaan e-money relatif lebih mudah dibandingkan dengan alat pembayaran berupa kartu lainnya. Tinggal tempel pada alat pembaca, transaksi terjadi tanpa harus ada otorisasi berupa PIN atau tanda tangan.

Metode Pembayaran MRT (Foto: Twitter @mrtjakarta)
Metode Pembayaran MRT (Foto: Twitter @mrtjakarta)
Bagi saya, memiliki e-money hukumnya wajib karena setiap hari harus lewat jalan tol yang pembayarannya wajib menggunakan e-money. E-money juga  saya gunakan untuk menikmati sarana publik seperti Trans Jakarta, Commuter Line, MRT, dan parkir. 

Ada kabar baik dari Jaringan PRIMA bagi pengguna Flazz BCA. Jaringan PRIMA telah menghubungkan beberapa bank dengan Flazz BCA. 

Adanya kerja sama tersebut lebih memudahkan dalam melakukan isi ulang atau top up. Pengguna biasa melakukan top-up Flazz BCA menggunakan kartu debit bank-bank yang telah bekerjasama yang merupakan mitra Jaringan PRIMA. 

Semakin mudah top-up e-money semakin mudah melakukan komutasi harian via jalan tol dan memanfaatkan layanan transportasi publik serta parkir.

***

Pemanfaatan teknologi digital dalam kehidupan sehari-hari telah mengubah perilaku masyarakat dalam melakoni hidupnya. Hal ini pada akhirnya telah mendorong terbentuknya ekosistem digital.

Jaringan PRIMA sebagai lembaga switching hadir guna mendukung susksesnya transaksi pembayaran dalam ekosistem digital. Melalui kanal-kanal yang tersedia, proses pembayaran jadi lebih praktis, efisien, dan aman.

Melakoni gaya hidup digital benar-benar menyenangkan berkat hadirnya Jaringan PRIMA (tasbul).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun