Taslim Buldani
Taslim Buldani Konsultan Perpustakaan

Riang Gembira Penuh Suka Cita

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi Pilihan

Membangun Pondasi Kebebasan Finansial bersama Bank Ganesha

19 Mei 2018   15:58 Diperbarui: 28 Mei 2018   14:27 461 0 0
Membangun Pondasi Kebebasan Finansial bersama Bank Ganesha
Aplikasi BANGGA - The New Banking Experinece! (Foto: Dokpri)

Robert T. Kiyosaki dan bukunya yang legendaris Rich Dad Poor Dad mungkin tak asing di telinga kita. Lewat bukunya ini Robert berhasil menghancurkan mitos “Anda perlu memiliki penghasilan tinggi agar bisa kaya”.

“Alasan utama orang mengalami kesulitan keuangan adalah mereka menghabiskan waktu bertahun-tahun di sekolah tapi tidak belajar apa-apa tentang uang. Akibatnya, orang belajar untuk bekerja demi uang… tapi tidak pernah belajar membuat uang bekerja bagi mereka.”

Secara garis besar buku Rich Dad Poor Dad mengajarkan tentang pentingnya membangun persepsi yang benar tentang uang dan pentingnya pengetahuan tentang perencanaan keuangan. Hanya dengan cara ini kebebasan finansial seseorang bisa terwujud.

Kebebasan finansial dimaknai sebagai sebuah kondisi keuangan dimana seseorang mampu membiayai kebutuhan hidup sesuai dengan gaya hidup yang diinginkannya.

Simpanan dalam bentuk tabungan dan deposito adalah salah satu instrumen penting dalam perencanaan keuangan. Keduanya bisa digunakan untuk memupuk dana darurat sebagai pondasi utama pengelolaan keuangan yang sehat. 

Berbicara mengenai tabungan dan deposito, tentu tak bisa dilepaskan dari Bank. Karena keduanya merupakan instrumem keuangan khas yang dimiliki perbankan.

Bank Ganesha adalah salah satu bank umum yang menawarkan berbagai jasa perbankan kepada masyarakat. Tidak hanya tabungan dan deposito, fasilitas kredit yang terdiri dari Kredit Penghasilan Tetap (KPT), Kredit Pemilikan Mobil, dan Kredit Pemilikan Rumah juga tersedia.

Bagi nasabah yang berniat untuk membeli produk asuransi sekaligus berinvestasi, Bank Ganesha juga menjual produk assuransi atau bancassurance. Produk asuransi yang ditawarkan meliputi Pro Whole Life (PWL) dan Flexi Safe Link (FSL).

Ada beberapa alasan memangapa memilih produk perbankan yang ditawarkan Bank Ganesha baik untuk menabung dan/ atau berinvestasi. Pertama PT Bank Ganesha Tbk. adalah sebuah perusahaan terbuka. 

Sebagai perusahaan terbuka segala tindak tanduk Bank Ganesha dalam menjalankan usahanya diawasi langsung oleh masyarakat. Kecil kemungkinan terjadi fraud atau penyelewengan yang bisa merugikan nasabah.

Masayarakat bisa mencari informasi tentang Bank Ganesha dengan mudah. Informasi bisa didapat melalui laman resmi perusahaan, laman PT Bursa Efek Indonesia (BEI), atau di laman Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai lembaga pengawas perbankan.

Kedua Bank Ganesha tercatat sebagai bank peserta penjaminan di Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) dengan nomor kepesertaan 10300015. LPS merupakan lembaga independen yang berfungsi menjamin simpanan nasabah.

Sebagai bank peserta penjaminan LPS maka seluruh nilai simpanan nasabah sampai dengan senilai Rp2.000.000.000 dijamin oleh LPS. Nasabah tidak perlu khawatir kehilangan simpanananya. 

Ketiga Bank Ganesha menawarkan 10 jenis simpanan. Masing-masing simpanan memiliki karakterisitik untuk mengakomodir kebutuhan nasabah. Kesepuluh jenis simpanan tersebut adalah: 

  1. Tabungan Ganesha;
  2. Tabungan Ganesha Optima;
  3. Tabungan Ganesha Investasi;
  4. Tabungan Ganesha Dollar;
  5. Tabungan Ganesha Payroll;
  6. Tabungan Ganesha Pelajar;
  7. Tabunganku;
  8. Tabungan Ganesha MAPCLUB;
  9. Tabungan Ganesha Savingplus; dan
  10. Deposito Ganesha

Cara terbaik dalam memilih produk simpanan yang cocok adalah dengan mencermati ihwal manfaat, ketentuan setoran awal, saldo minimum, setoran minimum selanjutnya, biaya administrasi dan persyaratan. 

Jika membutuhkan informasi lebih detail, Bank Ganesha bisa dihubungi melelui Call Center 1500169. Bisa juga dengan menggunakan fasilitas G-livechat yang memungkinkan nasabah atau calon nasabah melakukan livechat. Apapun informasi yang dibutuhkan, kalian akan dilayani oleh customer service terbaik Bank Ganesha.

Keempat Bank Ganesha memiliki E-chanel berupa aplikasi BANGGA, G-online, dan G-money. E-chanel adalah cara bank Ganesha dalam merespon tantangan dan kebutuhan masayarakat digital saat ini. Dengan memanfaatkan teknologi komunikasi dan informasi layanan perbankan bisa diakses dengan mudah dan aman.

E-Chanel juga merupakan cara yang dilakukan Bank Ganesha untuk mewujudkan visnya menjadi bank terbaik di kelasnya dengan menyediakan produk yang handal dan inovatif melalui pelayanan prima.

BANGGA adalah aplikasi mobile untuk mengelola kehidupan keuangan berkualitas. Melalui BANGGA kalian bisa mendapatkan berita finansial dan gaya hidup, promosi, games, akses untuk donasi dan online banking Bank Ganesha (G-online).

G-online adalah feature online banking dari Bank Ganesha. Melalui G-online transaksi perbankan menjadi lebih mudah, cepat, fleksibel dan aman.

G-money adalah dompet elektronik yang dilengkapi dengan fitur uang elektronik atau cash wallet dan link kartu kredit. Nasabah dapat menggunakan G-money untuk berbelanja online maupun offline di merchant-merchant yang telah tergabung di G-money.

Melalui G-money nasabah bisa melakukan transfer, tarik tunai di Gerai, pembayaran belanja di merchant online dan offline menggunakan QR scan (PaybyQR), Minta Dana, pembelian pulsa handphone, pembayaran tagihan telepon, dan Investasi melalui Bareksa.