Langkah atau prosedur dalam proses pembelajaran dengan menggunakan media komik pada mata pelajaran Produk Kreatif dan Keewirausahaan di kelas XII.6 Jurusan Bisnis Daring dan Pemaasarab SMK Â Negeri 1 Karanganyar yang pertama adalah perencanaan. Dalam perencanaan langkah yang dilakukan adalah sebagai berikut
Menentukan pokok bahasan yang akan dipilih yaitu tentang materi segmentasi pasar, alokasi waktu yang telah ditentukan serta buku-buku yang sesuai dengan materi pokok yang akan diajarkan.
Menentukan jenis pelaksanaan model pembelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan dengan menggunakan media komik, dalam proses pembelajaran materi yang akan diajarkan dengan bantuan media komik yang telah disiapkan sebelumnya.
Peneliti melakukan pengamatan dengan menggunakan alat atau bahan untuk mempermudah jalannya penelitian dengan menggunakan RPP (Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran), lembar observasi keaktifan siswa, serta lembar
diskusi siswa.
Kedua, pelaksanaan pembelajaran. Langkah atau prosedur kedua dalam model pembelajaran ini adalah pelaksanaan. Dalam pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media komik di SMK Negeri 1 Karanganyar . Pada pertemuan pertama, dalam proses belajar mengajar dengan menggunakan media komik pertama-tama guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran, memberi salam, berdoa, mengecek kehadiran siswa, serta menanyakan kabar siswa, setelah itu guru memberikan motivasi terhadap siswa dengan menyampaikan tujuan dan kegunaan dari materi yang disampaikan berkenaan dengan
materi segmentasi pasar. Selanjutnya pada kegiatan inti, siswa diminta untuk membaca komik pada sub bab segmentasi pasar yang telah dibuat oleh guru. Setelah membaca komik tersebut siswa secara berkelompok yang beranggotakan (5-6 siswa) menyusun komik secara online menggunakan gawai masing masing dengan tema segmentasi pasar dan mempresentasikan hasil komik tersebut di depan teman-temanya.
Penerapan media komik dalam pembelajaran memberikan. Kelebihan
komik ini adalah sebagai berikut.
Siswa  dapat dengan cepat memahami materi melalui  isi dari komik karena komik menggunakan bahasa sehari-hari sehingga
Menggunakan gambar-gambar yang dapat memperjelas kata-kata dari cerita
pada komik.
Menggunakan warna yang menarik dan terang sehingga siswa akan lebih
termotivasi untuk membaca komik.
Cerita pada komik sangat erat dengan kejadian yang dialami siswa sehari-hari, sehingga mereka akan lebih paham
Hasil evaluasi siswa menggunakan google kuis pada saat post test mengalami peningkatan yang signifikan dibandingkan dengan hasil pretes sebelum siswa membaca media pembelajaran berupa komik