Mohon tunggu...
Tarsini Wahyu
Tarsini Wahyu Mohon Tunggu... Guru - Guru Produktif Pemasaran di SMK Negeri 1 Karanganyar

saya seorang guru yang hobi menulis dan membuat media pembelajaran yang kreatif dan inovatif

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Manfaat Media Pembelajaran Berupa Komik untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa

6 Desember 2022   08:58 Diperbarui: 6 Desember 2022   09:20 195
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Langkah atau prosedur dalam proses pembelajaran dengan menggunakan media komik pada mata pelajaran Produk Kreatif dan Keewirausahaan di kelas XII.6 Jurusan Bisnis Daring dan Pemaasarab SMK  Negeri 1 Karanganyar yang pertama adalah perencanaan. Dalam perencanaan langkah yang dilakukan adalah sebagai berikut

Menentukan pokok bahasan yang akan dipilih yaitu tentang materi segmentasi pasar, alokasi waktu yang telah ditentukan serta buku-buku yang sesuai dengan materi pokok yang akan diajarkan.

Menentukan jenis pelaksanaan model pembelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan dengan menggunakan media komik, dalam proses pembelajaran materi yang akan diajarkan dengan bantuan media komik yang telah disiapkan sebelumnya.

Peneliti melakukan pengamatan dengan menggunakan alat atau bahan untuk mempermudah jalannya penelitian dengan menggunakan RPP (Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran), lembar observasi keaktifan siswa, serta lembar
diskusi siswa.

Kedua, pelaksanaan pembelajaran. Langkah atau prosedur kedua dalam model pembelajaran ini adalah pelaksanaan. Dalam pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media komik di SMK Negeri 1 Karanganyar . Pada pertemuan pertama, dalam proses belajar mengajar dengan menggunakan media komik pertama-tama guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran, memberi salam, berdoa, mengecek kehadiran siswa, serta menanyakan kabar siswa, setelah itu guru memberikan motivasi terhadap siswa dengan menyampaikan tujuan dan kegunaan dari materi yang disampaikan berkenaan dengan
materi segmentasi pasar. Selanjutnya pada kegiatan inti, siswa diminta untuk membaca komik pada sub bab segmentasi pasar yang telah dibuat oleh guru. Setelah membaca komik tersebut siswa secara berkelompok yang beranggotakan (5-6 siswa) menyusun komik secara online menggunakan gawai masing masing dengan tema segmentasi pasar dan mempresentasikan hasil komik tersebut di depan teman-temanya.

Penerapan media komik dalam pembelajaran memberikan. Kelebihan
komik ini adalah sebagai berikut.

Siswa  dapat dengan cepat memahami materi melalui  isi dari komik karena komik menggunakan bahasa sehari-hari sehingga

Menggunakan gambar-gambar yang dapat memperjelas kata-kata dari cerita
pada komik.

Menggunakan warna yang menarik dan terang sehingga siswa akan lebih
termotivasi untuk membaca komik.

Cerita pada komik sangat erat dengan kejadian yang dialami siswa sehari-hari, sehingga mereka akan lebih paham

Hasil evaluasi siswa menggunakan google kuis pada saat post test mengalami peningkatan yang signifikan dibandingkan dengan hasil pretes sebelum siswa membaca media pembelajaran berupa komik

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun