Karya Essay Ini Disusun Guna Mengikuti Ujian Tengah Semester
Mata Kuliah: Psikologi Pendidikan
Dosen Pengampu: Naili Rofiqoh, S.Psi., M.Si
        Disusun Oleh:
Nama: Tarisa Fitriana Purnamasari
Nim: 1903016021
 FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO SEMARANG
2019
Â
    Perkembangan di masa akhir anak-anak sama seperti remaja, kode moral sangat dipengaruhi dengan standard moral dan juga kelompok dimana anak bisa mengidentifikasi diri dan menjadi faktor penting dalam perkembangan identitas remaja. Perkembangan adalah suatu perubahan, dan perubahan ini tidak bersifat kuantitatif, melainkan kualitatif.
    Dalam perkembangan kepribadian seseorang, maka remaja mempunyai arti khusus. Namun begitu masa remaja mempunyai tempat yang tidak jelas dalam rangkaian proses perkembangan seseorang. Anak remaja sebetulnya tidak mempunyai tempat yang jelas, ia termasuk golongan anak, tetapi ia tidak pula termasuk golongan dewasa atau golongan tua. Ditinjau dari segi tersebut mereka masih termasuk golongan kanak-kanak, mereka masih harus menemukan tempatnya dalam masyarakat. Pada umumnya mereka masih belajar disekolah menengah atau perguruan tinggi.[1]
Â
    Sering kali perkembangan dan pertumbuhan dikaitkan, pertumbuhan sendiri memiliki pengertian tersendiri , yang dimaksud dengan pertumbuhan adalah proses penambahan bobot, volume, dan jumlah sel. Seperjalannya waktu manusia  akan mengalami pertumbuhan dan perkembangan.
Â