Mohon tunggu...
Tareq Albana
Tareq Albana Mohon Tunggu... Mahasiswa

Nominee of Best Citizen Journalism Kompasiana Awards 2019. || Mahasiswa Universitas Al-Azhar, Mesir. Jurusan Hadits dan Ilmu Hadits.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Artikel Utama

3 Sifat Unik Orang Mesir yang Jarang Diketahui

21 November 2019   18:26 Diperbarui: 22 November 2019   03:17 0 8 1 Mohon Tunggu...
3 Sifat Unik Orang Mesir yang Jarang Diketahui
Saya bersama Para Sahabat di Mesir (Dokpri)

Bercerita tentang Mesir memang tidak ada habisnya, selalu ada hal menarik yang bisa diceritakan tentang negeri Pyramida ini, mulai dari kuliner, wisata, pendidikan hingga sifat dan karakter masyarakatnya.

Membicarakan tentang sifat dan karakter, setiap bangsa pastinya memiliki karakter yang berbeda-beda. 

Hal ini tergambar jelas didalam Al-Quran yang mengabarkan bahwa Allah SWT menciptakan manusia itu bersuku-suku dan berbangsa-bangsa, tujuannya tak lain dan tak bukan adalah agar manuisa itu saling mengenal satu sama lain.

Perbedaan sifat ini tentunya menjadi obrolan yang seru, saya tak bisa membayangkan bagaimana jika semua bangsa di dunia ini memiliki satu sifat yang sama, tentu tidak seru, bukan? kita tidak akan terpacu untuk mengenal bangsa yang memiliki karakter yang sama dengan kita.

Saat saya masih sekolah dulu misalnya, ketika melihat bule yang datang ke kota Bukitinggi itu membuat saya terkagum-kagum. 

Saya kagum karena  melihat fisik, bahasa hingga karakater mereka yang berbeda, sehingga memacu semangat saya untuk berkenalan dan bertukar cerita dengan bule tersebut.

Perbedaan karakter ini disebabkan oleh banyak hal, mulai dari iklim, keadaan negara hingga makanan. Maka tak heran jika orang Arab itu lebih tempramen dibanding orang Asia maupun Eropa, karena orang Arab hidup di daerah yang panas, tandus dan gersang sehingga emosinya juga lebih gampang mendidih. Ditambah lagi mereka memakan makanan penuh lemak, seperti Kambing dan Unta.

Perbedaanlah yang membuat kita saling belajar, saling berbagi dan saling menyayangi satu sama lain sebagai manusia yang beradab dan beragama.

Saat saya datang ke Mesir, saya melihat begitu banyak perbedaan di segala aspek kehidupan. Hal ini wajar, karena Mesir dengan Indonesia itu memang terpaut sangat jauh dan berada di benua yang berbeda, namun perbedaan ini yang membuat hidup saya begitu bewarna. 

Bahkan saya memilki banyak sahabat yang merupakan orang asli Mesir. Perbedaan malah membuat kami semakin akrab dan semakin peduli, ajaib!

Saya berani mengatakan bahwa diantara seluruh bangsa Arab, negara yang paling ramah dan terbuka kepada orang asing hanyalah Mesir. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN