Mohon tunggu...
Tareq Albana
Tareq Albana Mohon Tunggu... Mahasiswa

Nominee of Best Citizen Journalism Kompasiana Awards 2019. || Mahasiswa Universitas Al-Azhar, Mesir. Jurusan Hadits dan Ilmu Hadits.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Jakarta Event, Ajang Bergengsi Promosi Budaya Betawi di Mesir

4 November 2019   13:07 Diperbarui: 4 November 2019   13:13 123 1 0 Mohon Tunggu...
Jakarta Event, Ajang Bergengsi Promosi Budaya Betawi di Mesir
Salah Satu Penampilan Seni oleh Mahasiswa Asal Jakarta di Jakarta Event X (Dokpri)

Kabar Baik datang dari Mahasiswa Jakarta di Mesir, Kelompok mahasiswa yang tergabung didalam organisasi Keluarga Mahasiswa Jakarta (KPJ) menyelenggarakan malam Puncak Jakarta Event vol.10 pada hari Sabtu 26 Oktober 2019 lalu di Aula American Future, Kota Kairo .

Jakarta Event adalah program tahunan yang diadakan oleh mahasiswa Jakarta di Mesir, didalamnya terdapat rentetan kontes dan perlombaan yang diikuti oleh mahasiswa Indonesia di Mesir. Tidak hanya itu, Acara ini juga ajang promosi budaya Betawi kepada masyarakat Internasional yang ada di Mesir.

Baca Juga: Meriah, Mahasiswa Jakarta Adakan Kontes Abang None di Mesir

Malam puncak Jakarta Event merupakan akhir dari rentetan acara yang diselenggarakan sejak tanggal 24 Oktober lalu, mulai dari berbagai pentas seni, kontestasi Abang None hingga acara hiburan di malam puncak Jakarta Event ini.

Penutupan Acara Jakarta Event | dokpri
Penutupan Acara Jakarta Event | dokpri
Uniknya, pergelaran acara budaya Betawi ini mampu menyedot perhatian masyarakat Mesir dan mahasiswa Internasional lainnya, seperti mahasiswa asal Brunei Darussalam. Tidak hanya itu, antusiasme juga datang dari berbagai kalangan WNI di Kairo, mulai dari pihak KBRI, PPMI Mesir maupun mahasiswa dari berbagai daerah di Nusantara.

Acara dimulai pada puku 18.05 waktu Kairo, di pembukaan ketua PPMI Mesir menyatakan kekagumannya kepada mahasiswa Jakarta yang mampu menyelenggarakan event besar ini.  Selanjutnya pembukaan juga diisi oleh sambutan dari Dalia, Warga Mesir yang sedang menempuh pendidikan di  Pusat Kebudayaan Indonesia (PUSKIN). Dalam Sambutannya, Dalia menyatakan kekagumannya dalam acara JE kali ini,  ia sangat menyukai ketrampilan dan pergelan seni adat Betawi.

Selanjutnya, acara puncak Jakarta Event ini diisi dengan berbagai penampilan yang menghibur para penonton, diantaranya ABang None Betawi, Talkshow (katanya bukan empat mata) dan masih banyak lagi lainnya.

Acara Jakarta Event Vol.10 ini diakhiri dengan memberikan Penghargaan dan pemberian hadiah kepada para pemenang didalam rentetan perlombaan yang didakan selama 3 hari, diantaranya ada Pemenang kontes Abang None, Lomba Kaligrafi , lomba Voli, hingga perlombaan, E-Sport Mobile Legend.

Diharapkan, acara Jakarta Event ini membawa semangat positif kepada seluruh WNI yang ada di Mesir bahwa kita adalah bangsa yang besar dengan beraneka ragam suku dan budaya, dan juga publik Internasional harus mengenal Bangsa kita sebagai bangsa yang kaya akan budaya dan wisata sehingga diharapkan mampu mengundang daya tarik wisatawan Arab, terkhusus Mesir untuk datang berkunjung ke Tanah Air kita tercinta.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x