Mohon tunggu...
Tareq Albana
Tareq Albana Mohon Tunggu... Mahasiswa

Pejuang Literasi || Mahasiswa Universitas Al-Azhar, Mesir. Jurusan Islamic Theology || Bekerja sebagai Reporter dan Penyiar Radio PPI Dunia.

Selanjutnya

Tutup

Travel Artikel Utama

4 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Berlibur ke Mesir

26 April 2019   18:24 Diperbarui: 28 April 2019   10:42 0 5 0 Mohon Tunggu...
4 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Berlibur ke Mesir
Piramida Giza (Dokumentasi: freepik.com)

Tidak bisa dipungkiri memang, Mesir selalu memiliki pesona yang tiada bosan-bosannya untuk merayu para turis di seluruh pelosok dunia untuk datang dan menikmati keindahannya. Bagaimanapun keadaan negara Mesir, tetap saja tidak menghalangi niat para turis untuk datang ke negara piramida ini.

Seperti pada tahun 2010 yang lalu, disaat keadaan Mesir sedang tidak aman dan banyak negara memberlakukan travel warning ke Mesir, termasuk Indonesia, namun tetap saja banyak kita menemui turis berjalan-jalan di Masjid Al-Azhar dan beberapa tempat wisata lainnya.

Masyarakat Mesir terkenal sangat ramah dan melindungi para turis yang datang ke negara mereka, karena masyarakat Mesir sudah ribuan tahun lamanya menerima tamu dan turis datang ke negara mereka, sehingga rakyat Mesir sudah berpengalaman berinteraksi dengan turis mancanegara.

Bahkan mereka tak ragu-ragu untuk menolong anda ketika tersesat ataupun ketinggalan dari rombongan. Saya tahun lalu pernah tersesat di salah satu daerah di Kairo, dan disaat itu ada pemuda yang menolong saya menunjukkan arah yang ingin dituju, tak hanya itu, ia pun juga menemani saya hingga bisa sampai dengan selamat.

itu hanya satu dari sekian banyak bukti keramahan orang Mesir terhadap orang asing yang datang ke negara mereka.

Namun walaupun orang Mesir sangat baik terhadap turis asing, hal itu tidak serta merta membuat kita bisa melakukan segala sesuatu dengan seenaknya saja. Sebagai turis kita juga harus menghormati kebiasaan dan aturan yang diberlakukan di negara Mesir ini.

Baca Juga: Buah-buahan ini Murah di Indonesia Namun Mahal di Mesir

Mesir merupakan negara yang berbeda dengan Indonesia baik dari segi sosial, politik, dan budaya, sehingga ada hal-hal yang diperbolehkan di negara kita, namun dilarang di Mesir.

Sehingga ada baiknya Anda mengetahui apa saja yang tidak boleh dilakukan selama berada di negeri piramida ini. Karena jika tetap melakukannya, Anda tidak hanya akan dimarahi oleh orang Mesir, namun bisa jadi anda akan berurusan dengan pihak keamanan.

Jadi apa saja yang tidak boleh dilakukan ketikan traveling ke Mesir?

Tidak boleh Mengambil Foto di Kawasan Militer dan Kantor Pemerintahan.

jangan mengambil gambar di kawasan Militer Mesir (dokumentasi: merdeka.com)
jangan mengambil gambar di kawasan Militer Mesir (dokumentasi: merdeka.com)

Inilah hal yang jarang diketahui oleh turis asing selama berkunjung ke Mesir, sehingga dengan santainya mengambil foto setiap tempat, bahkan juga di kawasan militer dan kantor pemerintah. Perlu diketahui bahwa di Mesir, kawasan militer dan kantor pemerintahan merupakan lokasi dimana anda dilarang mengambil foto apapun, termasuk selfie.

Mesir memang negara yang sangat indah terutama di Kota Kairo, bahkan di setiap sudut kota ini merupakan spot foto yang menarik dan instagramable, namun kita mesti mengetahui bahwa Mesir merupakan negara yang rentan dengan konflik sehingga pengamanan di negara ini sangatlah ketat dan memiliki banyak aturan, termasuk aturan berfoto.

Anda boleh mengambil foto sepuasnya di tempat wisata, namun hindarilah mengambil foto di kawasan militer dan kantor pemerintahan ini. Lalu bagaimana cara mengetahui bahwa itu kawasan militer dan kantor pemerintahan?

Pertanyaan yang bagus, caranya sangat gampang, anda cukup melihat apakah kawasan itu dijaga oleh aparat keamanan atau tidak, jika ada aparat keamanan dengan senjata lengkap berdiri di daerah sekitar maka bisa dipastikan itu adalah kawasan pemerintahan atau militer.

Cara kedua, Anda bisa bertanya ke travel guide yang menemani anda, biasanya travel guide sudah mengetahui tempat yang dilarang untuk difoto. Namun jika anda solo travel alias tanpa guide, anda bisa menggunakan cara pertama tadi.

Biasanya sudah ada larangan-larangan mengambil foto yang dipajang di tembok atau pintu masuk kantor tersebut, namun larangan tersebut masih menggunakan bahasa Arab sehingga tetap saja banyak turis yang tidak memahaminya.

Dua tahun yang lalu, saya pernah membawa sekelompok pelancong asal Indonesia berkeliling di Kairo, pada saat itu ada seorang turis -seorang bapak- asal Padang yang mengambil foto didepan sebuah bank milik pemerintah, karena disebelah gedung tersebut ada sebuah masjid memiliki arsitektur yang unik. Alhasil bapak tersebut didatangi oleh dua polisi yang menjaga bank pemerintah itu dan memintanya untuk menghapus foto yang telah diambil.

Saya yang melihat keributan kecil itu segera menghampiri dan menolong beliau sembari menjelaskan bahwa bapak ini hanya mengambil foto masjid yang terletak di sebelah bank tersebut, beruntung dua orang polisi itu bisa memaklumi dan meminta kami untuk tidak mengambil gambar di bangunan-bangunan pemerintah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2