Mohon tunggu...
Tareq Albana
Tareq Albana Mohon Tunggu... Mahasiswa

Pejuang Literasi || Mahasiswa Universitas Al-Azhar, Mesir. Jurusan Islamic Theology || Bekerja sebagai Reporter dan Penyiar Radio PPI Dunia.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Artikel Utama

4 Keistimewaan Malam Nisyfu Sya'ban yang Wajib Diketahui

20 April 2019   13:39 Diperbarui: 21 April 2019   14:59 0 5 2 Mohon Tunggu...
4 Keistimewaan Malam Nisyfu Sya'ban yang Wajib Diketahui
Keistimewaan Malam Nisyfu Syaban (Pixabay)

Pernahkah kamu mendengar istilah "Malam Nisyfu Sya'ban?" Sesuai namanya, malam Nisyfu Sya'ban merupakan malam di pertengahan bulan Sya'ban, yang berada pas di tanggal 15 Sya'ban. Ulama Mesir menyatakan bahwa malam Nisyfu Sya'ban tahun ini jatuh pada Sabtu, tanggal 20 April dan dimulai dari waktu Maghrib.

Ada apa di Malam Nisyfu Sya'ban? Kenapa perlu kita bahas didalam tulisan ini?

Pertama, yang paling penting diketahui adalah Malam Nisyfu Syaban adalah salah satu di antara 5 malam yang mulia. 5 malam itu ialah; malam Jumat, malam Idul Fitri, malam Idul Adha, malam pertama di bulan Rajab, dan malam Nisyfu Syaban.

Sebagai malam yang mulia, Nisyfu Syaban tentu memiliki banyak sekali keutamaan dan sejarah penting bagi umat Islam, sehingga tak ada alasan bagi kita untuk tidak mengetahui malam yang mulia ini.

Sayangnya, banyak orang di Indonesia yang tidak tahu dan melewatkan salah satu malam yang mulia dan penting bagi umat Islam ini.  

Kita telah mengetahui bahwa ajaran Islam menggunakan Kalender Hijriyah sebagai pedoman ibadah dan penanggalan, sehingga ada bulan dan hari tertentu yang memiliki keutamaan dan kelebihan yang berbeda dengan bulan lainnya.

Misalnya bulan Ramadhan yang memiliki keistimewaan seperti: pahala ibadah yang paling banyak dibandingkan bulan lainya, bulan ampunan dan lain-lain sebagainya.

Ada juga bulan Muharram yang juga punya keistimewaan shalat malam dan berpuasa di bulan ini lebih banyak pahalanya dibandingkan bulan-bulan lainnya selain bulan Ramadhan.

Oleh karena itu, sebagai umat islam kita disarankan untuk menghafal dan mengikuti kalender hijriyah ini, agar kita bisa mengetahui hari-hari yang memiliki keistimewaan sehingga bisa memaksimalkannya untuk beribadah, seperti malam Nisyfu Sya'ban ini.

Kejadian Penting di Malam Nisyfu Syaban
Sebelum kita membahas keutamaannya, ternyata banyak kejadian penting bagi umat islam yang terjadi di malam ini, salah satu kejadian pentingnya adalah perubahan arah kiblat dari Masjidil Aqsa ke Masjidil Haram di zaman Rasulullah SAW.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
KONTEN MENARIK LAINNYA
x