Mohon tunggu...
Tareq Albana
Tareq Albana Mohon Tunggu...

Pejuang Literasi || Mahasiswa Universitas Al-Azhar, Mesir. Jurusan Islamic Theology || Bekerja sebagai Reporter dan Penyiar Radio PPI Dunia.

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi Artikel Utama

Buah-Buahan ini Murah di Indonesia, Namun Mahal di Mesir

4 April 2019   18:27 Diperbarui: 4 April 2019   21:47 0 10 5 Mohon Tunggu...
Buah-Buahan ini Murah di Indonesia, Namun Mahal di Mesir
Dokumentasi Pribadi

Selama hampir 4 tahun hidup di Mesir, saya mengamati banyak hal yang terjadi setiap harinya disini. Mengamati merupakan rutinitas yang sangat saya sukai, seringkali saya duduk di tepi jalan selama beberapa saat sambil menikmati jus jeruk yang menjadi minuman favorit sejak hari pertama kedatangan di Mesir.

Saya memang sangat menyukai jus jeruk, entah kenapa rasanya begitu berbeda dengan jus jeruk di Indonesia yang biasanya ditambah dengan gula dan air, sehingga mengurangi keaslian jus tersebut. Tak cukup sampai disitu, harganya pun lumayan mahal, Rp. 10.000 per gelasnya.

Jus Jeruk yang biasa saya minum di Kairo adalah jus jeruk murni tanpa tambahan gula ataupun air. Harganya pun sangat murah, hanya Rp. 3500 untuk gelas ukuran besar dan Rp. 2500 untuk gelas kecil, sangat murah bukan?

Membicarakan mengenai buah, Mesir memang jagoannya. Padahal sebelum berkuliah disini, saya membayangkan Mesir sebagai negara yang tandus yang tidak memiliki buah-buahan. Kalaupun ada, harganya pun sangat mahal karena mesti didatangkan dari luar negeri.

Berbagai Macam Jus yang dijual murah meriah di Mesir (Dokumentasi Pribadi)
Berbagai Macam Jus yang dijual murah meriah di Mesir (Dokumentasi Pribadi)
Anggapan saya tersebut  ternyata 100 persen salah, malah bertolak belakang dengan apa yang saya bayangkan sebelumnya. Saya kaget melihat penjual buah anggur yang harganya hanya Rp. 10.000 per Kg. Bandingkan dengan Indonesia yang harga anggurnya mencapai Rp. 60.000 rupiah per kilogramnya.

Akhirnya saya menyadari, Mesir ternyata Negara yang kaya akan buah-buahan, loh kok bisa? Padahal Mesir merupakan Negara padang pasir yang tandus kan?

Memang benar bahwa Mesir merupakan Negara yang 80% dari wilayah negaranya padang pasir tandus, namun Mesir memiliki sungai Nile yang membentang dari ujung Mesir di Aswan hingga ke Dimyath yang terletak di tepi laut Mediterania.

Baca Juga: 4 Pelajaran Penting dari Kisah Isra Miraj yang Jarang Diketahui.

Keberadaan sungai Nile menjadi berkah bagi orang Mesir, karena membentang sepanjang ribuan kilometer, sungai Nile menyebabkan daerah disekitarnya menjadi sangat subur, sehingga bisa ditanami berbagai buah-buahan maupun sayuran. Maka tak heran, jika Mesir memiliki jutaan hektar lahar subur yang membentang ditengah hamparan padang pasirnya.

Jika berkunjung ke Mesir, anda pasti akan sedikit takjub dengan harga buah-buahan di negeri tandus seperti Mesir yang jauh lebih murah dibandingkan Negara subur dan tropis seperti Indonesia.

Sebagai Contoh, harga Jeruk di Mesir sekitar Rp. 3500/kg sedangkan di Indonesia biasanya Rp. 20.000/kg.

Masih kurang? Ini saya beberkan beberapa harga buah-buahan di Mesir.

  • Anggur di Mesir sekitar Rp. 10.000/Kg, kalau di Indonesia mencapai Rp.60.000/kg.
  • Stroberi disini hanya Rp.5000/Kg jika di Indonesia bisa mencapai Rp. 40.000/kg
  • Apel Hijau di Mesir Rp.12.000/kg sedangkan di Indonesia mencapai Rp. 35.000/Kg.
  • Semangka Mesir Rp. 4000/kg , jika di Indonesia bisa mencapai Rp.8000/kg

Itulah beberapa contoh perbandingan harga buah-buahan antara Indonesia dan Mesir.

Sup Buah ini hanya dibandrol 8000 rupiah per porsi. (dokumentasi pribadi)
Sup Buah ini hanya dibandrol 8000 rupiah per porsi. (dokumentasi pribadi)
Walaupun secara umum buah-buahan di Mesir jauh lebih murah dari Indonesia, akan tetapi tahukah anda? Bahwa ada beberapa buah yang sangat murah di Indonesia malah menjadi sangat mahal di Mesir bahkan buah tersebut hanya dikonsumsi oleh orang-orang kaya di Mesir. Padahal di Indonesia buah-buahan ini dikonsumsi oleh orang-orang di Kampung dengan murah-meriah.

Berikut Buah-buahan yang Murah di Indonesia namun Mahal di Mesir:

  •  Alpukat

Siapa yang gak tahu dengan Alpukat, buah yang sangat populer di tanah air ini bisa ditemui hampir di seluruh penjuru Indonesia. Bahkan di kampung saya, buah ini bisa didapatkan secara gratis, dengan cara meminta alpukat yang sudah matang ke pemilikinya yang kebetulan juga tetangga di dekat rumah.

Selain harganya yang murah-meriah, buah ini juga memiliki beragam khasiat, salah satunya untuk menghaluskan dan mengencangkan kulit. Tak hanya itu, rasanya pun juga sangat enak sehingga banyak orang yang hobi minum jus Alpukat ini.

Namun, jika anda sedang berada di Mesir agaknya bakalan sulit mencari buah ini, karena buah Alpukat memang tergolong buah yang mewah di Mesir, oleh sebab itu anda tidak akan menjumpai buah ini di pasar buah tradisional.

Buah alpukat di Mesir biasanya dapat ditemukan di Mall atau di Supermarket besar yang terletak di pusat kota, itu pun anda harus merogoh kocek yang dalam untuk membelinya. Saya pernah melihat buah Alpukat yang dijual di Mall City Star yang merupakan Mall terbesar di Benua Afrika dan terletak di pusat kota Kairo.

Harga Alpukat di Mall City Star ini dibandrol hingga 60 Pound Mesir, atau sekitar 50 ribu rupiah per kilogram. Itu pun anda hanya mendapatkan dua biji Alpukat yang berukuran sedang dan juga rasa yang tidak terlalu manis.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2