Mohon tunggu...
Tareq Albana
Tareq Albana Mohon Tunggu... Mahasiswa

Pejuang Literasi || Mahasiswa Universitas Al-Azhar, Mesir. Jurusan Islamic Theology || Bekerja sebagai Reporter dan Penyiar Radio PPI Dunia.

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi Artikel Utama FEATURED

Buah-Buahan ini Murah di Indonesia, Namun Mahal di Mesir

4 April 2019   18:27 Diperbarui: 1 Juli 2019   02:16 0 15 6 Mohon Tunggu...
Buah-Buahan ini Murah di Indonesia, Namun Mahal di Mesir
Dokumentasi Pribadi

Selama hampir 4 tahun hidup di Mesir, saya mengamati banyak hal yang terjadi setiap harinya disini. Mengamati merupakan rutinitas yang sangat saya sukai, seringkali saya duduk di tepi jalan selama beberapa saat sambil menikmati jus jeruk yang menjadi minuman favorit sejak hari pertama kedatangan di Mesir.

Saya memang sangat menyukai jus jeruk, entah kenapa rasanya begitu berbeda dengan jus jeruk di Indonesia yang biasanya ditambah dengan gula dan air, sehingga mengurangi keaslian jus tersebut. Tak cukup sampai disitu, harganya pun lumayan mahal, Rp. 10.000 per gelasnya.

Jus Jeruk yang biasa saya minum di Kairo adalah jus jeruk murni tanpa tambahan gula ataupun air. Harganya pun sangat murah, hanya Rp. 3500 untuk gelas ukuran besar dan Rp. 2500 untuk gelas kecil, sangat murah bukan?

Membicarakan mengenai buah, Mesir memang jagoannya. Padahal sebelum berkuliah disini, saya membayangkan Mesir sebagai negara yang tandus yang tidak memiliki buah-buahan. Kalaupun ada, harganya pun sangat mahal karena mesti didatangkan dari luar negeri.

Berbagai Macam Jus yang dijual murah meriah di Mesir (Dokumentasi Pribadi)
Berbagai Macam Jus yang dijual murah meriah di Mesir (Dokumentasi Pribadi)
Anggapan saya tersebut  ternyata 100 persen salah, malah bertolak belakang dengan apa yang saya bayangkan sebelumnya. Saya kaget melihat penjual buah anggur yang harganya hanya Rp. 10.000 per Kg. Bandingkan dengan Indonesia yang harga anggurnya mencapai Rp. 60.000 rupiah per kilogramnya.

Akhirnya saya menyadari, Mesir ternyata Negara yang kaya akan buah-buahan, loh kok bisa? Padahal Mesir merupakan Negara padang pasir yang tandus kan?

Memang benar bahwa Mesir merupakan Negara yang 80% dari wilayah negaranya padang pasir tandus, namun Mesir memiliki sungai Nile yang membentang dari ujung Mesir di Aswan hingga ke Dimyath yang terletak di tepi laut Mediterania.

Baca Juga: 4 Pelajaran Penting dari Kisah Isra Miraj yang Jarang Diketahui.

Keberadaan sungai Nile menjadi berkah bagi orang Mesir, karena membentang sepanjang ribuan kilometer, sungai Nile menyebabkan daerah disekitarnya menjadi sangat subur, sehingga bisa ditanami berbagai buah-buahan maupun sayuran. Maka tak heran, jika Mesir memiliki jutaan hektar lahar subur yang membentang ditengah hamparan padang pasirnya.

Jika berkunjung ke Mesir, anda pasti akan sedikit takjub dengan harga buah-buahan di negeri tandus seperti Mesir yang jauh lebih murah dibandingkan Negara subur dan tropis seperti Indonesia.

Sebagai Contoh, harga Jeruk di Mesir sekitar Rp. 3500/kg sedangkan di Indonesia biasanya Rp. 20.000/kg.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
KONTEN MENARIK LAINNYA
x