Mohon tunggu...
Taqwa Khalifah
Taqwa Khalifah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Seorang Mahasiswa Kesehatan Masyarakat yang menulis untuk tugas penulisan ilmiah

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Pneumokinosis

19 Oktober 2021   04:00 Diperbarui: 19 Oktober 2021   04:05 53 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Waspada Pneumokoniosis Akibat Pajanan Debu di Tempat Kerja

Muhammad Syifa Abdy, Taqwa Khalifah I

Departemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja FKM UI

Pneumokoniosis adalah istilah untuk mengelompokkan penyakit akibat kerja yang bersifat kronik akibat dari pajanan debu (ED and JE, 2014). Debu di tempat kerja yang terhirup mengenap di paru-paru mengakibatkan kerusakan pada jaringan paru-paru. Dampak pneumokoniosis ini tergantung dari lamanya debu-debu tersebut mengenap di dalam paru-paru, semakin lama debu tersebut mengenap di dalam paru-paru akan semakin parah dampaknya terhadap kesehatan (Qi et al., 2021).

Mengutip data World Health Organization pada tahun 2015,  5% penyebab kematian lebih dari 1 juta pekerja adalah pneumokoniosis (Prasetya, 2020). Mengutip"National Institute for Occupational Safety and Health,"urutan pertama dari sepuluh besar penyakit akibat kerja ditempati oleh penyakit terkait paru-paru (Prasetya, 2020). Laporan prevalansi kasus yang dilaporkan oleh Studi Beban Penyakit Global pada tahun 2016  ada 251 juta kasus penyakit paru obstruktif menahun secara global. Diperkirakan ada 3,17 Juta kematian disebabkan penyakit akibat kerja secara global (Prasetya, 2020).

Dari dampak dan data yang ditampilkan tentang penyakit pneumokoniosis sudah seharusnya pekerja mulai sadar akan bahaya yang ditimbulkan dari penyakit tersebut. Dalam tulisan ini diharapkan pembaca dapat menemukan jawaban untuk menghindari penyakit pneumokoniosis.

Definisi Pneumokoniosis

Pneumokoniosis adalah istilah untuk mengelompokkan penyakit akibat kerja terkait inhalasi debu (ED and JE, 2014). Menurut International Labour Organization (ILO), "pneumokoniosis adalah suatu kelainan yang terjadi akibat penumpukan debu dalam paru yang menyebabkan reaksi jaringan terhadap debu tersebut berupa fibrosis" (Prasetya, 2020). Walaupun penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), dan asma juga mungkin terjadi akibat pajanan debu dalam jangka waktu tertentu, jika melihat batasan pneumokoniosis pada kelainan non-plasma, kelainan tersebut tidak termasuk pneumokoniosis (Tuberculosis and Test, 2019).

Jenis-Jenis Pneumokoniosis

Jenis-jenis pneumokoniosis dibedakan berdasarkan jenis debu yang ada di tempat kerja, masing-masing tempat kerja dengan proses industri berbeda menghasilkan jenis debu yang berbeda (Tuberculosis and Test, 2019).

"Tabel 1.1 Jenis Pneumokoniosis Berdasarkan Debu Penyebabnya"

           Asbestosis

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan