Mohon tunggu...
TANTRIANI DINARISMIA
TANTRIANI DINARISMIA Mohon Tunggu... Akuntan - Skincare milleur beauty

Tantriani Dinar Ismia Lumajang,jawa timur

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Lembaga Sertifikasi Profesi

13 Juli 2022   21:09 Diperbarui: 13 Juli 2022   21:25 31 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Dalam upaya untuk mereformasi peraturan layanan konstruksi, pemerintah mengeluarkan undang -undang nomor 11 tahun 2020 tentang peraturan hak cipta dan pemerintah nomor 14 tahun 2021. Sesuai dengan peraturan ini, meningkatkan kekuasaan, profesionalisme dan profesionalisme dan profesionalisme dan profesionalisme dan profesionalisme, 

produktivitas tersebut pekerja konstruksi nasional dan pertumbuhan dalam partisipasi komunitas jasa konstruksi adalah tanggung jawab pemerintah pusat. Sebagai bentuk tanggung jawab, pemerintah mencakup komunitas layanan konstruksi dalam implementasi Otoritas Pemerintah Pusat melalui pembangunan layanan konstruksi. 

Salah satu peran komunitas konstruksi adalah memiliki kekuatan untuk mengeluarkan sertifikasi keterampilan kerja konstruksi.

Hukum Layanan Konstruksi Nomor 2 tahun 2017 jelas mensyaratkan bahwa kewajiban untuk menyatakan keterampilan semua pekerja konstruksi melalui proses tes keterampilan sesuai dengan standar kompetensi tenaga kerja. 

Telah dikembangkan dalam peraturan mengungkapkan bahwa tes keterampilan ini dilakukan oleh organisasi sertifikasi profesional dan dilakukan dengan metode uji tertulis, tes praktis atau pengamatan dan pemeliharaan di lapangan. Institut Sertifikasi Profesional adalah lembaga yang melakukan kegiatan sertifikasi profesional yang telah menerima lisensi dari Badan Sertifikasi Profesional Nasional.

Jadi siapa yang memiliki hak untuk membentuk lembaga sertifikasi profesional sebagai lembaga untuk implementasi keterampilan kerja konstruksi? Menurut Peraturan Pemerintah No. 14 tahun 2021, sebuah perusahaan sertifikasi profesional diciptakan oleh asosiasi profesional yang terakreditasi, serta pelatihan pengajaran dan pelatihan kerja yang sesuai dengan ketentuan hukum. 

Asosiasi Akreditasi Profesional diciptakan oleh Dekrit Menteri Nomor 1410 tahun 2020 sebagai bagian dari Asosiasi Layanan Konstruksi Komersial, Asosiasi Layanan Konstruksi dan Asosiasi yang terkait dengan rantai pasokan layanan konstruksi terakreditasi. 

Dengan akreditasi asosiasi profesional, ini adalah jaminan kelayakan asosiasi untuk membentuk agen sertifikasi yang kredibel. Lembaga Sertifikasi Profesional yang dibentuk oleh Asosiasi Profesional Terakreditasi menyediakan layanan sertifikasi kompetensi kerja dengan ruang lingkup klasifikasi dan subklasifikasi sesuai dengan asosiasi pelatihan dengan tingkat kualifikasi,

teknisi atau analis dan pakar operator. Berdasarkan ruang lingkup dan klasifikasi, perusahaan sertifikasi profesional yang dibentuk oleh asosiasi profesional diklasifikasikan sebagai agen sertifikasi profesional dari pihak ketiga.

Selain dilatih oleh asosiasi profesional yang terakreditasi, perusahaan sertifikasi profesional juga dapat dilatih oleh perusahaan pendidikan dan pelatihan kejuruan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan