Mohon tunggu...
Tantidevi Santosa
Tantidevi Santosa Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswi Ilmu Komunikasi

Be Mindful

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

UKM Access Sebagai Strategi Digital Telkom untuk Berbisnis

19 September 2022   15:58 Diperbarui: 19 September 2022   16:14 65 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sumber: Aplikasi UKM Access

Tahun 2016 merupakan tahun berjalannya kegiatan digital di PT. Telkom Indonesia Tbk. Dimulai dari munculnya layanan pengajuan pinjaman dana melalui Website smart bisnis serta pembayaran angsuran melalui Virtual Account Bank, kemudian di tahun 2017 memperluas metode embayaran, tahun 2018 muncul inovasi Smart Survey juga SMS Reminder, 2019 munculnya inovasi dashboard TJSL, "diantara banyaknya BUMN, Telkom merupakan BUMN yang memiliki dashboard yang lengkap" ungkap Habibullah selaku staff Community Development Center Witel Jambi

Memasuki tahun 2021, Telkom berhasil meluncurkan aplikasi UKM Access yang merupakan aplikasi digital untuk melakukan pinjaman dana hingga monitoring pengembalian dana pinjaman. 

Perjalanan yang dinamis ini mendapat respon yang sangat baik di masyarakat karena terbukti banyak mitra yang sudah tergabung dalam program kemitraan dan sudah terdata dalam UKM Access. Melalui inovasi digital nya Telkom terus mendapatkan rating tinggi diantara banyaknya BUMN yang ada di Indonesia.

Ukm Access merupaka aplikasi untuk para mitra binaan PT. Telkom Indonesia yang diluncuncurkan tahun 2021. Bagi para calon mitra yang ingin bergabung dapat mengakses aplikasi ini dan melakukan pengajuan dana dengan syarat sudah menjalankan usaha selama 1 tahun. Kehadiran Telkom sebagai pilar digital sangat strategis unuk para UMKM yang ingin berkembang. 

Dengan adanya aplikasi UKM Access masyarakat dapat dengan cepat menjadi bagian dari mitra binaan Telkom Indonesia, masyarakat seluruh Indonesia dapat melakukan pengajuan  menjadi mitra binaan di region  masing-masing, karena Telkom tersebar di seluruh Indonesia. 

Regional 1 mencakup pulau Sumatera, Regional 2 mencakup Jabodetabek, Regional 3 mencakup wilayah Bandung, Regional 4 mencakup D.I.Yogyakarta hingga solo, Regional 5 Denpasar, Madura, Jember, Kediri, Madiun, Malang, hingga pulau Nusa Tenggara, Regional 6 mencakup Pulau Kalimantan, dan Regional 7 mencakup pulau Sulawesi, Maluku, dan Papua. 

Selain itu, adanya program bantuan pendanaan ini merupakan wujud dari Taggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PT. Telkom Indonesia, lebih tepatnya berorientasi pada pilar sosial dan ekonomi. 

Website Asean Access
Website Asean Access

Digitalisasi tidak hanya dilakukan oleh Telkom, Kementerian Koperasi dan UKM juga memiliki platform jejaring digital yakni Asean Access, untuk mendukung perkembangan daya saing UMKM Indonesia dan Asean di pasar regional maupun global. Asean Access merupakan platform digital dimana para pelaku usaha dapat bertemu dengan mitra pembeli dan investor untuk memperkenalkan mereka di Pasar Asean. 

Mekanisme digital seperti ini diharapkan dpat mempermudah interaksi lintas negara secara global. Dalam hal ini pemanfaatan platform digital sangat membantu mempererat tali kerja sama walaupun lintas negara.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan