Mohon tunggu...
Tanti Amelia
Tanti Amelia Mohon Tunggu... Ilustrator - ilustrator doodler dan blogger

ilustrator doodler dan blogger

Selanjutnya

Tutup

Travel Story Pilihan

Jelajah Masa Lalu dengan Teknologi Masa Kini di Museum Purwakarta

27 September 2022   22:09 Diperbarui: 2 Oktober 2022   18:31 137 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

"History is who we are and why we are the way we are." 

Tak lengkap berkunjung ke suatu tempat, tanpa mengetahui asal usul dan jejak sejarah yang terekam di dalamnya. Untunglah, agenda acara wisata museum itu yang ditawarkan oleh Kompasiana Purwakarta (Warga Kota) dan didukung penuh oleh Bidang Pariwisata (Bidpar) Disporaparbud Kabupaten Purwakarta, kepada Komunitas Traveler Kompasiana atau Koteka.

Setelah mengikuti sebuah acara di gedung Disporaparbud pukul 10.00, kami bergegas menuju ke lokasi Museum Bale Panyawangan!

Museum Dengan Teknologi Digital di Purwakarta, Bale Panyawangan Diorama Purwakarta

Dokpri
Dokpri

Purwakarta menawarkan wisata museum yang menarik dengan teknologi terkini dalam penyajian informasi di dalamnya. Museum dengan dukungan teknologi membuat pengunjung dapat berwisata sambil belajar dengan cara yang lebih menyenangkan. Salah satunya adalah Bale Panyawangan.

Bale Panyawangan Diorama Purwakarta, diprakarsai mantan Bupati Dedi Mulyana, dan terletak di  Jalan K.K Singawinata, Nagri Tengah, lokasinya strategis karena dekat dengan stasiun Purwakarta.  Sebagai sebuah  museum wisata edukasi yang komplit, Bale Panyawangan terbagi ke dalam beberapa hall yang luas dan besar.  Terdiri dari sejarah nasional, sejarah Sunda, hingga sejarah Purwakarta itu sendiri. Pengunjung tidak dipungut tiket masuk ke museum. 

sumber : disipusda.purwakartakab.go.id
sumber : disipusda.purwakartakab.go.id

Dikutip dari disipusda.purwakartakab.go.id, pembangunan Bale Panyawangan Diorama Nusantara bertujuan untuk mengangkat peranan arsip sebagai bagian penting dari proses kehidupan berbangsa, bernegara dan bermasyarakat. 

Bale Panyawangan Diorama Nusantara menjadi ungkapan awal peradaban manusia di Indonesia dan perkembangannya dari masa ke masa sampai sekarang. Ditinjau dari berbagai aspek seperti aspek wilayah, keagamaan, kesenian, sosial, budaya, politik, ekonomi, sistem pemerintahan, hingga kepada infrastruktur yang ditampilkan melalui perpaduan arsip, seni dan teknologi, sehingga dapat memperkenalkan arsip kepada masyarakat dengan cara yang mudah dipahami dan menarik. 

Apa saja yang terdapat di dalam Bale Panyawangan? 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Story Selengkapnya
Lihat Travel Story Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan