Travel

Lakukan 7 Hal Ini Supaya Pemeriksaan Keamanan di Bandara Tidak Merepotkan Anda

7 Juni 2018   15:10 Diperbarui: 7 Juni 2018   15:21 466 0 0
Lakukan 7 Hal Ini Supaya Pemeriksaan Keamanan di Bandara Tidak Merepotkan Anda
Sumber : cntraveler.com

Setiap bandara menerapkan standar keamanan yang tinggi. Hal ini dilakukan untuk menjamin keselamatan penerbangan. Konsekuensinya, setiap orang yang masuk ke dalam bandara mesti menjalani pemeriksaan ketat. Tidak hanya penumpang pesawat, bahkan pramugari dan pilot juga menjalani pemeriksaan serupa.

Bagi sebagian orang, pemeriksaan di pintu bandara sebagai sesuatu yang merepotkan. Pasalnya, dalam pemeriksaan tidak jarang barang yang sudah tertata rapi di dalam tas mesti dibongkar kembali. Bahkan aksesorin yang terpakai juga harus dilepas. Kerepotan seperti itu sebenarnya bisa dihindari, antara lain dengan tujuh tips praktis berikut ini.

Pilih Antrean Tercepat

Sumber : lonelyplanet.com
Sumber : lonelyplanet.com
Di setiap bandara biasanya tersedia lebih dari satu jalur pemeriksaan. Pilih jalur dengan antrean terpendek jika tidak ingin berlama-lama menunggu. Jika ingin lebih cepat, pilih jalur antrean yang tidak banyak terdapat anak-anak atau orang tua yang umumnya lebih lama dalam mempersiapkan pemeriksaan.

Lepas Ikat Pinggang

Sumber : iidacon.info
Sumber : iidacon.info
Ikat pinggang biasanya memiliki kepala yang terbuat dari logam. Itulah mengapa ikat pinggang mesti dilepas saat pemeriksaan di bandara. Jangan lepas ikat pinggang tepat ketika Anda sudah di depan pintu pemeriksaan metal detector. Namun, lepaslah ikat pinggang sebelum Anda memasuki jalur antrean. Kemudian, simpan ikat pinggang tersebut di dalam tas Anda. Anda bisa menggunakannya kembali sesaat setelah pemeriksaan usai.

Lepas Jaket

Sumber : rd.com
Sumber : rd.com
Jaket juga merupakan benda yang mesti dilepas dalam pemeriksaan bandara. Pasalnya, beberapa jaket memiliki resleting berbahan logam. Lepaskan jaket Anda sebelum memasuki jalur antrean, kemudian simpan di dalam tas yang akan Anda bawa ke dalam kabin.

Lepas Seluruh Aksesoris Berbahan Logam

Sumber : watch-fever.blogspot.com
Sumber : watch-fever.blogspot.com
Apabila Anda mengenakan aksesoris berbahan logam, seperti jam tangan, kalung, gelang, rantai dompet, dan lain-lain, lepaslah sebelum memasuki jalur antrean. Jika todak Anda lepas, aneka aksesoris itu hanya akan memperlambat proses pemeriksaan Anda. Pasalnya, Anda akan diminta melepaskannya tepat saat pemeriksaan.

Simpan Paspor dan Ponsel di Tas Khusus

Sumber : keepo.me
Sumber : keepo.me
Gunakan tas khusus berukuran kecil untuk menyimpan paspor, ponsel, boarding pass, dan semua barang yang akan sering Anda keluarkan. Tas berukuran kecil ini sangayt praktis dan yang pasti lebih mudah dimasukkan ke dalam x-ray sehingga mempercepat proses pemeriksaan.

Jangan Bawa Barang Terlarang ke Dalam Kabin

Sumber : airport.gg
Sumber : airport.gg
Anda mesti mengetahui ada beberapa barang yang dilarang masuk ke dalam kabin. Barang-barang tersebut boleh Anda bawa asal masuk ke dalam tas yang ditempatkan di bagasi. Barang-barang tersebut antara lain, benda tajam, cairan, benda berbau menyengat, dan lain-lain. Supaya pemeriksaan Anda berjalan lancar, pastikan Anda tidak menyimpan barang-barang tersebut di tas yang akan Anda bawa ke dalam kabin. Jika memang harus membawanya, simpanlah dengan rapi di dalam tas yang akan Anda tempatkan di bagasi.

Jangan Lontarkan Lelucon Apapun

Sumber : people.howstuffworks.com
Sumber : people.howstuffworks.com
Pemeriksaan keamanan bandara wajib dijalankan dengan serius. Maka, jangan melontarkan lelucon apapun saat proses pemeriksaan, terlebih lelucon tentang bom. Hal itu bisa membuat Anda diintrogasi bahkan ditangkap oleh petugas keamanan bandara. Akan lebih baik mengucapkan terima kasih kepada petugas usai mereka memeriksa Anda.

Itulah tujuh tips praktis menghadapi pemeriksaan keamanan bandara yang bisa Anda lakuikan. Dengan tips-tips tersebut, Anda tidak akan lagi menganggap pemeriksaan keamanan di bandara sebagai sesuatu yang merepotkan. Dapatkan tiket pesawat dengan harga terbaik di situs via.com. Dapatkan pula berbagai akomodasi sesuai dengan kebutuhan perjalanan Anda di situs via.id.