Mohon tunggu...
fauzan abdurrahman
fauzan abdurrahman Mohon Tunggu... -

menjadikan kata untuk berkelana

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Gizi Sehat untuk Tumbuh Kembang Anak

5 Desember 2018   11:34 Diperbarui: 5 Desember 2018   12:05 127 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Gizi Sehat untuk Tumbuh Kembang Anak
shutterstock.com

Pola makanan sehat dapat mencegah anak dari obesitas, malnutrisi, stunting, dan berbagai macam penyakit yang lainnya. Maka, perlu untuk para bunda merancang makanan sehat untuk si kecil. Selain itu, para bunda juga mesti mempunyai pengetahuan kandungan yang terdapat dalam asupan si kecil. Si kecil dalam tumbuh kembangnya sangat membutuhkan seluruh kandungan yang terdapat dalam makanan.

Lalu, apa saja kandungan yang dibutuhkan si kecil dalam setiap makanannya :

  • Protein

Sejak usia dini anak-anak sangat memperlukan protein. Protein membangun dan memperbaiki jaringan yang rusal. Selain itu, protein juga membantu meningkatkan kekebalan tubuh anak. Sehingga anak tidak gampang terserang penyakit. Biasanya anak gampang untuk batuk, pilek, dan panas. Protein memberikan daya tahan tubub yang kuat.

Makanan yang mengandung protein bisa bunda-bunda dapatkan seperti, daging, ayam, ikan, telu, seafood, dan kacang-kacangan.

  • Karbohidrat

Karbohidrat paling mudah didapatkan dan ditemukan. Manusia tidak bisa terlepas dari keenakan mengonsumsi karbohidrat, karena rasanaya yang manis. Bahkan karbohidrat menjadi nutrisi paling penting untuk asupan seluruh umat manusia.

Tetapi, kebanyakan mengonsumi bisa membuat seseorang terkena penyakit diabetes dan obesitas pada anak. Maka, perlu di kontrol dalam pemberian karbohidrat dalam asupan. Apalagi untuk si buah hati.

Karbohidrat bisa kita temukan di nasi, kentang dan singkong. Bunda-bunda bisa memvariasikan untuk membuat makanan yang menarik buat si buah hati.

  • Serat

Serat memberikan manfaat untuk memperlancar sistem pencernaan, menurunkan kader kolestrerol, dan juga mengontrol kadar gula darah.

Kandungan yang kaya serat bisa didapatkan pada sayuran dan buah-buahan.

  • Lemak

Lemak tidak selalu menyebalkan loh bunda-bunda. Lemak juga memiliki manfaat untuk tubuh. Apabila dikonsumsi dengan baik dan cukup. Lemak membantu penyerapan vitamin, mengatur suhu tubuh, sumber energi, dan nutrisi untuk otak si kecil.  

Lemak bisa ditemukan pada makanan seperti, ikan tuna, sarden, teri, tongkol, salmon, alpukat, minyak zaitun, dll.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kesehatan Selengkapnya
Lihat Kesehatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan