Mohon tunggu...
fauzan abdurrahman
fauzan abdurrahman Mohon Tunggu... -

menjadikan kata untuk berkelana

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Resensi Buku Ta'lim Muta'alim

20 November 2018   10:51 Diperbarui: 20 November 2018   11:45 1273 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Resensi Buku Ta'lim Muta'alim
Edukasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Title: Terjemah Ta'lim Muta'alim

Author: Syeikh Az-Zarnuji

Genre: Agama dan Kepercayaan

Publisher: Mutiara Ilmu

Release Date: Ramadhan 1430/September 2009

Pages: viii+110 hal

Saya memperhatikan para pelajar, sebenarnya mereka telah bersungguh-sungguh dalam mencari ilmu, tapi banyak dari mereka tidak memperoleh manfaat dari ilmunya, yakni berupa pengamalan ilmu tersebut dan menyebarkannya. Hal itu terjadi karena cara mereka menuntut ilmu salah, dan syarat-syaratnya mereka tinggalkan. Barangsiapa salah jalan, tentu tersesat. (Syekh Az-Zurnaji).

Pada dasarnya, menuntut ilmu adalah kewajiban bagi setiap manusia terkhusus bagi kaum muslim. Sebagaimana sabda Nabi saw, "menuntut ilmu itu wajib bagi muslim laki-laki dan perempuan". Allah swt yang telah memberikan manusia akal, memberikan keluasaan untuk mengembangkan pengetahuannya agar terhindar dari kebodohan dan kedunguan. 

Dengan ilmu manusia mampu melihat mana kebaikan mana keburukan. Hal inilah yang membedakan manusia dengan ciptaan Allah yang lainnya. Maka, Allah mengangkat derajat orang-orang yang berilmu. Dialah yang mampu mengemban amanat Allah sebagai Khalifah di dunia.

Saking pentingnya menuntut ilmu ini bagi setiap muslim, Rasulullah bahkan menganjurkan para sahabatnya --umumnya untuk seluruh kaum muslim- untuk mencari ilmu sampai ke negeri Cina. Yang pada waktu itu belum terbayang bagi para sahabat bagaimana negeri Cina itu dan mengapa dianjurkan kesana. Hal ini membuktikan bahwa menuntut ilmu adalah suatu perkara yang amat penting. Sebab- sebab yang menjadikan menuntut ilmu adalah perkara penting, kita bisa melihat bagaimana sejarah dunia diciptakan oleh orang-orang berilmu.

Yunani Kuno pada masa itu mampu memimpin peradaban karena ilmunya. Terkenal dengan negara yang mampu melahirkan ahli pikir semacam Plato, Aristoteles, Socrates, dll. Selain itu, Islam pun mampu melahirkan orang-orang terbaiknya hingga sekarang Islam tetap melahirkan ilmuwan-ilmuwan yang ahli bukan hanya dibidangnya saja. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan