Mohon tunggu...
Irvan Aji Saputra
Irvan Aji Saputra Mohon Tunggu... Mahasiswa

Mahasiswa biasa

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Masker Kain dan Hand Wash Alternatif Pencegahan Virus Corona di Tengah Pandemi

28 Maret 2020   20:24 Diperbarui: 28 Maret 2020   20:45 26 1 0 Mohon Tunggu...

COVID-19 atau yang lebih dikenal dengan virus corona telah mewabah di berbagai belahan dunia, tidak terkecuali Indonesia. Tidak kurang dari 29 Provinsi di Indonesia telah terpapar dengan jumlah kasus yang bervariatif.

Melansir dari KOMPAS.com, hingga Sabtu (28/3/2020) siang, berdasarkan dari data yang dikeluarkan pemerintah tercatat sebanyak 1.155 kasus positif, 59 sembuh, dan 102 kasus meninggal.

Untuk mengantisipasi penularan virus corona, banyak masyarakat yang kemudian berbondong-bondong untuk membeli masker dan Hand Sanitizer untuk mencegah adanya penularan, lonjakan permintaan terhadap kedua barang tersebut berdampak pada semakin menipisnya ketersediaan barang, sehingga banyak masyarakat yang membutuhkan namun tidak memperoleh masker maupun  Hand Sanitizer.

Untuk menggantikan masker dan Hand Sanitizer yang semakin sulit ditemukan, masker kain dan Hand Wash dapat menjadi alternatif sebagai bentuk antisipatif terhadap penularan virus corona, dengan tetap memperhatikan himbauan pemerintah untuk menghindari keramaian dan membatasi diri untuk keluar rumah atau Social Distancing.

Melansir dari KOMPAS.com, menurut Achmad Yurianto juru bicara penanganan virus corona di Indonesia, penggunaan masker kain lebih baik dibandingkan tidak memakai masker, hal ini karena masker kain dapat menahan droplet pemakai dan menahan droplet orang lain.

Sementara itu sabun tangan atau Hand Wash juga efektif untuk membersihkan tangan karena dapat menghilangkan bakteri dan virus yang ada di permukaan kulit.

Di tengah pandemi virus corona yang terus menyebar, kita menjadi sulit membedakan orang-orang yang sudah terpapar dengan yang belum terpapar virus ini, hal ini terjadi karena seringkali penularan dari virus ini tidak disadari karena tidak jarang virus yang masuk ke dalam tubuh tidak menimbulkan gejala-gejala yang semestinya, hal ini dipengaruhi oleh tingkat imunitas yang berbeda-beda setiap orang, orang dengan imunitas baik tentu memiliki kemampuan lebih untuk melawan virus ini dibandingkan orang dengan imunitas yang kurang baik. `

Sulitnya membedakan orang yang telah terpapar dengan yang belum terpapar virus corona mengharuskan kita untuk lebih waspada terhadap penyebarannya, kita sendiri yang belum merasakan gejala apapun bukan jaminan apakah kita bersih dari virus corona, oleh karena itu perlu tindakan preventif demi menekan penyebaran virus corona.

Tindakan-tindakan yang dapat dilakukan yaitu dengan menjaga kebersihan tangan, menggunakan masker, menghindari kontak fisik, dan menghindari keramaian dengan tetap berada di dalam rumah.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x