Mohon tunggu...
Tangkas Mukti Priguna
Tangkas Mukti Priguna Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro 2021

Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro 2021 Fakultas Kedokteran

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Mahasiswa KKN Undip Mengedukasi Perilaku Hidup Bersih Sehat dalam Upaya Pencegahan Penyakit

2 Agustus 2021   20:50 Diperbarui: 2 Agustus 2021   21:26 48 3 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
 Mahasiswa KKN Undip Mengedukasi Perilaku Hidup Bersih Sehat dalam Upaya Pencegahan Penyakit
Gambar 1. Sosialisasi Edukasi PHBS dan LBS untuk Pencegahan Penyakit DBD/dokpri

Penulis : Tangkas Mukti Priguna
Dosen Pembimbing : Ir. Djoko Suwandono, MSP
Lokasi KKN : Kelurahan Gayamsari RW 03 (SEMARANG)
lihat lokasi :
Lokasi Desa

Gayamsari (1/8) Sejak awal adanya pandemi COVID-19 yang menjadi sorotan utama publik dan kalangan masyarakat, berbagai kasus penyakit yang biasanya menjadi pusat perhatian kini mulai terabaikan. 

Dari penyakit yang sederhana hingga kompleks mengalami krisis data dikarenakan jumlah pasien yang seharusnya terjadwal kontrol bulanan mengalami kendala akibat adanya pandemi ini. 

Hal ini semata-mata pandemi mengalihkan segalanya dan menghambat akses masyarakat untuk tetap menjalani pengobatan rutin. Pada akhirnya, penyakit yang ia miliki pun terabaikan hingga kondisinya menjadi semakin buruk dan berujung pada kematian. 

Tidak hanya kendala dalam kontrol rutin tetapi juga menurunnya penerapan Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS) masyarakat akan kesadaran pentingnya pencegahan penyakit selain COVID-19 yang menjadi trending topik harian terkini.

Pentingnya upaya pencegahan penyakit atau permasalahan kesehatan yang sering terjadi pada kalangan masyarakat merupakan suatu bentuk upaya preventif akan kesadaran diri dalam menjaga kesehatan. 

Permasalahan kesehatan yang sering terjadi dimasyarakat yaitu diare, demam berdarah dengue (DBD), leptospirosis, stunting, dan tuberkulosis. 

Dari permasalahan-permasalahan tersebut, semenjak pandemi, data yang tercatat pun mulai menurun. Yang biasanya datang untuk kontrol rutin atau hanya sekadar pengobatan mulai diacuhkan dikarenakan alasan mereka yang cukup membuat kita menjadi merinding. Alhasil, kesehatan masyarakat pun mulai menurun. Hal ini dikarenakan upaya masyarakat dalam menerapkan PHBS mulai diabaikan. 

Oleh karena itu, mengingat pentingnya PHBS sebagai upaya preventif pencegahan suatu penyakit, mahasiswa Fakultas Kedokteran KKN Tim II Universitas Diponegoro 2020/2021 dengan dosen pembimbing Ir. Djoko Suwandono., MSP, mengadakan mini webinar guna mengajak masyarakat Gayamsari untuk ikut serta dalam “Sosialisasi Edukasi PHBS untuk Pencegahan Penyakit Diare; DBD; leptospirosis, dan Perdoman Gizi Seimbang serta Tuberkulosis” yang dilakukan secara daring.

Mini webinar  yang dilakukan oleh 5 mahasiswa Fakultas Kedokteran mengenai PHBS ini, membahas tuntas terkait pedoman gizi seimbang, pedoman tuberkulosis, dan PHBS untuk pencegahan penyakit diare, DBD, dan leptospirosis. P

elaksanaan mini webinar ini melibatkan warga Kelurahan Gayamsari, Kota Semarang, khususnya RW 3 dengan jumlah partisipan mencapai puluhan orang. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x