Tony Herdianto
Tony Herdianto Mohon Tunggu... Freelancer - Suka kopi dan jajanan

saya senang membaca dan sedang belajar menulis . senang menanam pohon atau kembang . mendengarkan musik . mencoba selaras dengan alam menyatu secara harmoni.

Jajan ke Solo Staycation di Yogyakarta

8 Maret 2020   12:01 Diperbarui: 8 Maret 2020   12:06 84

Bulan depan saya sekeluarga berencana travel tipis tipis ke Solo dan Jogja. Tidak terlalu istimewa tapi sedikit penuh makna. Alasan praktis transportasi darat yang hampir 24 jam dari terminal Bungurasih menuju kota Solo dan Jogja.

Jadi jadwal jalan jalan kali ini juga ramping. Menikmati kota Solo sembari berburu kuliner tengkleng dan Sego liwet. Sebentar kemudian beranjak ke pusat grosir Surakarta.

Kembali ke tahun 2012 ketika tempat parkir bus yang saya naiki bersebelahan dengan sebuah bangunan seperti benteng yang terlantar. Baru tahu belakangan benteng ditengah kota Solo bernama benteng Vastenburg. Persis sebelah selatan benteng ini berdiri sekarang pusat grosir Surakarta.

Menjorok ke Selatan bisa kita temukan pasar Klewer. Belanja batik jadi favorit dipasar Klewer. Disamping harga yang bersahabat juga pelayanan yang ramah khas Mataraman.

Jika masih kurang kita masih bisa plesir ke tepian Bengawan Solo atau taman Jurug. Pastinya lelah akan terbayar sesudah melihat tepian kali Bengawan Solo yang melegenda sejak dahulu kala. Pikiran segar badan pun menjadi lebih bergairah.

Setelah puas yuk mari kita lanjut menuju kota Yogyakarta untuk mengistirahatkan badan sejenak. Kebetulan saya mau reservasi ke hotel Cordela Kartika Dewi Malioboro Yogyakarta. Hotel bintang tiga dengan fasilitas yang cukup memadai.

Malamnya saya sekeluarga jalan jalan sekitar Malioboro untuk menikmati angkringan khas Jogja. Kopi Joss dan nasi kucing menarik selera makan aku sekeluarga. Juga sate dan lauk pauk serta ayam penggeng yang gurih dan manis khas Jogja. Setelah puas kami kembali lagi ke penginapan hotel Cordela Yogyakarta.

Pagi pagi sekali kami bangun dan memulai untuk joging. Kami menuju ke Utara siapa tahu kuat sampai ring road hehehe. Setelahnya kami mau sarapan gudeg yang buat kami selalu kangen Jogja. Jadi nggak ingat ada sarapan gratis di hotel.

Kembali lagi ke hotel Cordela untuk lari lagi buat ke Kotagede melihat kerajinan perak yang tersohor itu dan cari jajanan khas Kotagede.

Siangnya kami berencana makan siang mangut lele sekitar wilayah Bantul dan kunjungan singkat ke rumah kolega sebab lama tak bersua. Setelah puas kami balik lagi ke hotel Cordela untuk istirahat dan esok pagi kami akan check out dan menuju stasiun Lempuyangan untuk naik KA Logawa yang kami pesan sebelum melancong ke Solo dan Jogja.

Kami merasa puas atas liburan singkat namun sungguh berkesan dan penuh makna. Semoga kelak bisa jalan jalan lagi dan bisa menginap di hotel jaringan Cordela. Inilah sekelumit kisah jalan jalan keluarga kecilku. Yah mungkin travel selanjutnya ke Bandung dan Jakarta,semoga.