Mohon tunggu...
Tangguh Hakam
Tangguh Hakam Mohon Tunggu... Mahasiswa

Bismillah

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

KKN Pulang Kampung, Nostalgia dengan Kawan Lama, Hingga Bentuk "Kampung New Normal"

9 Agustus 2020   21:30 Diperbarui: 9 Agustus 2020   21:35 51 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
KKN Pulang Kampung, Nostalgia dengan Kawan Lama, Hingga Bentuk "Kampung New Normal"
Wawancara dan perijinan dengan ketua Rt

Batang (09/08/2020), Mahasiswa Universitas Diponegoro mulai melaksanakan pada 5 Juli 2020 sampai dengan 15 Agustus 2020. KKN kali ini bertemakan Pemberdayaan Masyarakat di Tengah Pandemi Covid-19 Berbasis pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG’s). Berbeda dengan KKN tahun sebelumnya,  pada tahun ini KKN dilaksanakan oleh mahasiswa di kampung halaman sendiri. Mahasiswa dituntut agar dapat melihat permasalahan yang ada di lingkungan tempat tinggalnya dan diharapkan dapat memecahkan permasalahan tersebut.

KKN kali ini dapat dikatakan sebagai ajang untuk kembali bersilaturahmi dengan kawan-kawan yang ada di kampung halaman. Hal inipun dimanfaatkan oleh mahasiswa KKN Undip tim 2 Kabupaten Batang yang bertempat di Rt.03 Rw.01 Desa Cepokokuning sebagai ajang untuk mengajak para pemuda Rt yang notabennya adalah kawan lama sendiri untuk terlibat dalam kegiatan KKN tersebut. Pelibatan pemuda dalam kegiatan KKN diwujudkan dengan pembentukan TIM Satuan Tugas Penanggulangan Covid-19 di tingkat Rt. 

Hal inipun diambil sekaligus untuk menjawab persoalaan yang ada sebelumnya karena di Rt.03 Desa Cepokokuning tingkat partisipasi pemuda didalam masyarakat masih sangatlah minim. Menurut Kasnoto selaku ketua RT.03, menggerakkan pemuda di RTnya membutuhkan tenaga ekstra karena sudah beberapa kali dilaksanakan kegiatan yang melibatkan pemuda hasilnya tetap saja nihil, menurutnya kesadaran pemuda untuk aktif dalam kegiatan di masyarakat masih sangat rendah, sehingga apabila ada acara di lingkungan RT seperti gotong royong dan sejenisnya lebih banyak peran generasi tua yang lebih aktif.

Rapat terbatas dengan pemuda RT
Rapat terbatas dengan pemuda RT
Maka dari itu pelibatan pemuda Rt dalam tim satgas covid-19 sesuai dengan Tema KKN kali ini yang terfokus pada pemberdayaan masyarakat,, hal ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi pemuda di lingkungan masyarakat  serta dapat memberdayakan potensi pemuda, sehingga para pemuda dapat memberikan edukasi kepada masyarakat dalam menjalani kehidupan di tengah pandemi Covid-19 ini. 

Dalam Satgas Covid-19 ini, pemuda RT akan dibekali materi terkait edukasi New Normal dan bagaimana proses edukasi dapat dilakukan kepada masyarakat baik secara langsung ataupun melalui media berupa media cetak dan media elektronik. Dengan dibentuknya Satgas ini,  para pemuda diharapkan dapat belajar bagaimana suatu  sistem organisasi dapat berjalan, bagaimana kerja sama tim dapat tercipta dan sekaligus dapat merasakan bagaimana terjun secara langsung di dalam masyarakat.

Kampung New Normal

Pembentukan Satgas Covid-19 di Rt.03 Desa Cepokokuning ini dimaksudkan untuk menjalankan program KKN yang kedua yaitu penyelenggaraan Kampung New Normal. Setelah diberlakukannya masa New Normal, masyarakat seolah menganggap bahwa pandemic covid-19 sudah hilang sehingga langkah pencegahan seperti penggunaan masker, cuci tangan dan jaga jarak mulai tidak diterapkan lagi. Menurut Kasnoto selaku ketua RT.03 menggerakkan warganya untuk bersama-sama gotong royong melakukan pencegahan, seperti edukasi, pengadaan tempat cuci tangan dibeberapa titik dan penyemprotan disinfektan secara rutin sangatlah sulit dilakukan, karena dari pihak RT memiliki keterbatasan SDM juga tidak adanya anggaran untuk menjalankan program tersebut.

Penempelan poster edukasi New Normal di Mushola
Penempelan poster edukasi New Normal di Mushola
Program Kampung New Normal bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat bagaimana menjalankan kegiatan sehari hari di masa new normal ini. Sehingga masyarakat dapat menjalankan aktivitas sehari-hari dengan normal di masa pandemic covid-19 namun tetap dengan menjalankan protocol kesehatan yang telah diwajibkan oleh pemerintah guna menekan penyebaran virus corona. Pelaksanaan Program kampung ini terlebih dahulu telah dikomunikasikan bersama Badan Penanggulangan bencana Daerah (BPBD) Kabupaten. Dalam diskusi disebutkan BPBD memberikan beberapa masukan kegiatan yang dapat dilakukan dan mendukung penuh program tersebut karena dapat membantu tugas BPBD dalam melakukan edukasi kepada masyarakat, serta BPBD juga siap memberikan bantuan apabila dalam pelaksanaan program membutuhkan kerja sama dengan BPBD. 

koordinasi dengan BPBD Kabupaten Batang
koordinasi dengan BPBD Kabupaten Batang
Dalam program Kampung New Normal ini terdapat beberapa kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa KKN Undip bersama tim satgas, diantaranya adalah edukasi kepada masyarakat secara door to door dan menggunakan poster yang ditempel di setiap rumah warga dan beberapa tempat umum seperti Mushola, Pos kamling, dan Pasar. Selain itu edukasi juga dilakukan melalui grup Whatsapp Warga, dengan mengirimkan konten terkait edukasi New Normal. Kemudian melakukan penyemprotan disinfektan ke seluruh penjuru Rt.03 desa Cepokokuning serta mengadakan tempat cuci tangan di beberapa titik seperti Pasar, Posyandu, dan pelaku usaha angkringan yang sering dijadikan tempat berkumpul. Dengan adanya program “Kampung New Normal” ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman masyarakat tentang bagaimana menjalani kehidupan sehari-hari di era new normal dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Selain itu dengan adanya program ini diharapkan dapat mengalami keberlanjutan dan dapat menjadi pelopor bagi program-program desa.

Melakukan penyemprotan disinfektan dan pemasangan poster edukasi new normal dilingkungan Rt.03 cepokokuning
Melakukan penyemprotan disinfektan dan pemasangan poster edukasi new normal dilingkungan Rt.03 cepokokuning

Penyerahan tempat cuci tangan kepada pelaku usaha angkringan
Penyerahan tempat cuci tangan kepada pelaku usaha angkringan
Oleh : Tangguh Hakam Digdayana (S-1 Ilmu Pemerintahan Undip 2017)

Dosen Pembimbing : Nikie Astorina Yunita Dewanti, SKM, M.Kes.

#KKNKotaKabPekalonganBatang

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x