Politik

Demokrat, Golkar, dan PKS Sudah Putuskan Calon Walikota Tangerang 2018

21 September 2017   22:17 Diperbarui: 21 September 2017   22:36 708 0 0

TangerangVision-Perhelatan lima tahunan pesta demokrasi kota tangerang 2018 semakin dekat. Memasuki bulan oktober saat ini geliat para calon untuk mendapatkan dukungan partai semakin memanas. Pasalnya pendaftaran pasangan calon akan dimulai pada 1 Januari 2018. Hal tersebut mengartikan bahwa kondisi politik kota tangerang segara akan memasuki masa enjury time dalam menentukan sikap politik. Partai pun harus dengan cermat segera melakukan kalkulasi politik yang tepat untuk dapat menentukan sikap agar pada pertarungan 2018 mendatang tidak mengalami kegagalan.

Melihat hal tersebut tiga partai sudah menentukan sikapnya dalam mengusung pasangan yang akan di usung pada pilkada Kota Tangerang 2018 mendatang. Yakni adalah Demokrat, Golkar, dan PKS. Dari penentuan nama yang di usung oleh ketiga partai tersebut terlihat jelas bahwa pasangan pimpinan walikota tangerang saat ini yakni Arief Wismansyah dan Sahrudin sudah dipastikan akan berpisah pada pilkada Kota Tangerang 2018 mendatang.

Pernyataan yang disampaikan oleh Ketua DPC Partai Demokrat, Baihaki (30/7), "Dari empat calon yang melakukan pendaftaran, tersisa hanya Arief R Wismansyah, setelah dua orang tidak masuk seleksi dan satu lagi mengundurkan diri jelang jadwal pemaparan visi-misi,".

Partai Demokrat telah membuka penjaringan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota. Ada empat kandidat yang mengambil formulir, yakni Arief R Wismansyah, Sachrudin yang saat ini menjabat sebagai wakil Wali Kota Tangerang, Ade Suryadi sebagai Anggota DPRD Kota Tangerang dan Herry Rumawatine Anggota DPRD Banten.

Setelah dilaksanakan verifikasi, ada dua calon yang memenuhi syarat yaitu, Arief R Wismansyah dan Herry Rumawatine. Namun, Herry Rumawatine mengundurkan diri jelang jadwal pemaparan visi misi.

Hal tersebut menegaskan bahwa Demokrat sudah dipastikan mengusung Arief Wismanysah pada perhelatan pilkada Kota Tangerang 2018.

Selain Demokrat Golkar juga telah menentukan calon yang akan di usung pada pilkada Kota Tangerang 2018 mendatang. Dengan keluarnya rekomendasi DPP Partai Golkar terhadap Sachrudin sudah di pastikan Golkar akan mengusung Sachrudin yang saat ini menjadi wakil walikota tangerang.

Tidak mau kalah dengan Demokrat dan Golkar, PKS yang pada 2014 lalu kalah dalam pilkada Kota Tangerang, 2018 sudah dari jauh-jauh hari mempersiapkan kader terbaiknya. Pernyataan yang disampaikan ketua DPD PKS Kota Tangerang Tengku Iwan Jayansyahputra mengatakan, pihaknya kembali mengusung Hilmi Fuad untuk kembali bertarung dengan calon walikota/calon wakil walikota Tangerang periode 2018-2023.

"Berdasarkan hasil survei, nama Pak Hilmi paling memiliki popularitas dan elektabilitas dibanding kandidat lain di internal," ujarnya.

Sebelumnya, terdapat beberapa nama kader internal yang diusulkan oleh PKS dalam Pilkada Kota Tangerang tahun ini. Nama-nama kandidat itu adalah Hilmi Fuad, Tengku Iwan, dan Tuti Elvita.

Namun perlu di perhatikan bahwa secara kekuatan politik Golkar, Demokrat dan PKS perlu menentukan patner politik yang tepat agar pada pilkada 2018 mendatang dapat memenangi kontestasi lima tahunan yang akan berlangsung pada 27 Juni 2018.